Ini Enam Titik Rawan Macet Jalur Mudik Lampung, Polisi Disiagakan

by -826 Views
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma

BANDAR LAMPUNG – Sejumlah itik-titik rawan kemacetan dan pasar tumpah di sepanjang jalur mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di Lampung., telah dipemetakan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung..

Titik kemacetan jalur mudik tersebut, ada enam titik berada di jalur arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dari Kabupaten Lampung Selatan hingga Kabupaten Mesuji.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan sementara di sepanjang jalur mudik lebaran di Provinsi Lampung, terdapat enam titik rawan kemacetan dan pasar tumpah yakni di jalur arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

“Titik rawan kemacetan itu, yakni di pintu keluar atau exit Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan di Tugu Pengantin KM 24 Gedung Tataan, Pesawaran,”kata dia di Mapolda Lampung usai gelar apel pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2022, Jumat (22/4/2022).

Titik rawan kemacetan lainnya, yakni di KM 63-65 Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah sebagai jalur yang melintasi Pasar Bandar Jaya. Tanjakan Cakat Raya KM 128-129, dan Pasar Unit II KM 145 Kabupaten Tulangbawang. Lalu di Pantai Mutun yang berada dijalur wisata pesisir pantai Kabupaten Pesawaran, dan diprediksikan rawan kemacetan pasca lebaran atau saat arus balik mudik.

“Untuk mengurai kemacetan, kami sudah siapkan anggota dari Jajaran Polres/Polresta bersiaga dilokasi titik rawan kemacetan itu”ungkapnya.

Menurutnya, kemacetan di sejumlah titik ini, lantaran disebabkan padatnya arus lalu lintas, kondisi jalan dan adanya pasar tumpah. Apalagi tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik, antusias masyarakat untuk mudik pastinya sangat tinggi dan volume kendaraan pastinya juga banyak.

“Kalau untuk titik lokasi pasar tumpah ada di dua titik, yakni di Bandar Jaya, Lampung Tengah dan Pasar Unit II Kabupaten Tulang bawang,”kata dia.

Selain itu, kata Kombes Pol Romdhon, pihaknya akan menyiapkan kantung-kantung parkir jika terjadi adanya lonjakan kendaraan pada saat arus mudik lebaran. Beberapa akantung parkir itu, berada di rest area jalan tol dan area parkir Pelabuhan Bakauheni dan jalan menuju pintu tol Pelabuhan. Sementara antisipasi lonjakan kendaraan khususnya, pada saat arus balik mudik.

“Kita siapkan beberapa kantung parkir, dan kita optimalkan rest area jalan tol. Jika penuh, kita akan alihkan ke jalur menuju gerbang tol. Jadi kantung parkir itu disiapkan, antisipasi adanya penumpukan kendaraan,”terangnya.

Ia mengimbau, kepada pelaku perjalanan mudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, agar tetap mematuhi peraturan lalulintas. Selain itu juga, perhatikan kesehatan badan dan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik menuju ke kampung halamannya.

“Agar perjalanan mudik berjalan lancar dan aman, cek kondisi badan dan kendaraannya sehingga bisa sampai tujuan dengan selamat,”tandasnya. (Nung/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.