Hadapi Mudik Lebaran 2022, ASDP Bakauheni Siapkan 68 Kapal, 7 Dermaga dan 16 Loket

by -705 Views

LAMPUNG SELATAN – Menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (PT.ASDP) Cabang Bakauheni Lampung Selatan telah menyiapakan 68 unit armada kapal, 7 Dermaga eksekutif dan regular serta 16 loket penumpang dan kendaraan.

General Manager PT. ASDP Cabang Bakauheni Lampung Selatan, Suharto mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan angkutan lebaran yang maksimal, termasuk persiapan armada kapal hingga dermaga bagi pemudik yang akan melakukan penyebarangan melalui Pelabuhan Bakauheni dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya.

“Ada 71 unit kapal yang tersedia dilintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni. Tapi yang siap beroperasi untuk angkutan mudik lebaran, ada 68 unit kapal dan 3 unit kapal lainnya masih dalam perbaikan,”kata dia kepada lampungterkini. id, Rabu (20/4/2022).

Selain menyiapkan armada kapal, kata Suharto, pihaknya juga telah menyiapkan 7 dermaga yang siap dioperasikan di Pelabuhan Bakauheni untuk melayani jasa penyeberangan angkutan lebaran tahun ini.

“7 dermaga yang siap dioperasikan itu, enam dermaga regular dan satu dermaga eksekutif,”ujarnya.

Ia mengutarakan, guna memperlancar operasional menghadapi arus mudik lebaran, ada 16 loket yang disiapkan bagi penumpang dan kendaraan roda dua dan roda empat. Sebagai antisipasi lonjakan penumpang, ada penambahan 8 loket portable serta 5 tambahan mesin penjual otomatis atau vending machine.

“Loket kendaraan roda empat, ada 8 loket dan eksisting 12 unit. Lalu untuk loket kendaraan roda dua, ada 8 unit dan eksisting 1 unit,”ungkapnya.

Kemudian untuk mencegah adanya penumpukan dan kemacetan kendaraan, pihaknya menyediakan kantong-kantong parkir didalam Pelabuhan untuk menampung kendaraan yang akan mudik lebaran.

“Untuk kapasitas kantong parkir itu sendiri, bisa menampung 6 ribu kendaraan campuran baik roda dua dan roda empat,”bebernya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan posko angkutan lebaran gabungan dan posko kesehatan. Posko tersebut, siap dioperasikan mulai tanggal 22 April 2022 (H-10) sampai 10 Mei 2022 (H+7) lebaran.

“Kami ingatkan kepada pemudik yang akan melakukan penyeberangan, agar melakukan reservasi tiket online secara mandiri di outlet-outlet resmi ASDP dan juga agar memasukkan data dirinya sesuai identitas diri aslinya,”kata dia.

Ia juga mengimbau, pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Karena berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenhub No.38 dan Satgas Covid-19 nomor 16 Tahun 2022, bagi pemudik atau pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang sudah vaksin dosis ketiga (booster) maka tidak perlu lagi swab antigen atau PCR.

Namun jika baru vaksin dosis pertama atau kedua, tetap harus dipersyaratkan swab antigen (1×24 jam) ataupun PCR (3×24 jam). Sedangkan untuk pemeriksaan status vaksinasi sebagai syarat perjalanan mudik tersebut, telah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

“Syarat penumpang, harus sudah vaksin lengkap dosis ketiga (booster). Jika sudah memenuhi kriteria itu, maka tidak perlu swab atau PCR lagi dan cukup membawa sertifikat vaksin dosis ketiga atau menunjukkan melalui aplikasi peduli lindungi,”terangnya.

Dikatakannya, saat ini belum adanya peningkatan penumpang atau masih landai di Pelabuhan Bakauheni. Ia juga memprediksikan, arus mudik lebaran tahun ini bakal terjadi peningkatan yang akan menyebrang di Pelabuhan Bakauheni.

“Sudah dua tahun tidak ada mudik, juga seiring kebijakan pemerintah tidak melarang mudik dan kita prediksikan terjadi peningkatan signifikan arus mudik tahun ini,”pungkasnya. (Her/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.