Kapolda Lampung Akan Berikan Reward Bagi Warga yang Lumpuhkan Pelaku Begal

by -775 Views
Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno

BANDAR LAMPUNG – Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno menyatakan, masyarakat Lampung jangan takut melawan begal, terutama saat mempertahankan haknya seperti harta benda maupun nyawanya jika terancam dan tak akan memproses warga yang membela diri. Bahkan, Kapolda akan memberikan penghargaan (reward) jika ada warga yang berhasil melumpuhkan pelaku begal.

“Masyarakat di Lampung jangan takut melawan pelaku begal, kalau ada pelaku begal yang terbunuh sama korban karena membeladiri dan mempertahankan barangnya tidak akan diproses kasusnya,”kata Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno, Sabtu (16/4/2022).

Pernyataan tersebut, menyusul adanya kasus korban begal berinsial S (34) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan karena membunuh dua pelaku begal yang telah menyerangnya belum lama ini.

Korban begal tersebut, dikenakan Pasal 338 KUHP menghilangkan nyawa seseorang melanggar hukum maupun Pasal 351 KUHP ayat (3) melakukan penganiayaan mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang

Selain itu, Irjen Pol Hendro Sugiatno juga berjanji, akan memberikan penghargaan (reward) bagi masyarakat Lampung atau korban begal yang dapat melumpuhkan pelaku begal.

“Kami (Polda Lampung), akan berikan penghargaan kepada warga yang dapat melumpuhkan pelaku begal,”ujarnya.

Menurutnya, hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 49 KUHP yang menjelaskan mengenai tindakan pembelaan terpaksa.

Ia mengungkapkan, sejak masuk dan bertugas di Lampung, diriya telah mengencarkan penindakan terhadap para pelaku kejahatan jalanan terutama terhadap para pelaku aksi pembegalan. Bahkan Ia juga memerintahkan Jajarannya (Polres/Polresta) untuk menindak tegas para pelaku kejahatan tindak pidana C3 (curat, curat dan curanmor)

“Tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan khususnya C3 di wilayah hukum Polda Lampung, ke lubang semut pun pasti akan kami kejar sebab ulah mereka (pelaku) meresahkan masyarakat,”tegasnya.

Oleh karena itu, kata Irjen Pol Hendro Sugiatno, warga jangan takut melawan pelaku begal yang membahayakan dirinya, dan polisi tak akan memprosesnya bahkan akan diberipenghargaan yang bisa melumpuhkan pelaku begal.

“Kami harap, masyarakat Lampung jangan pesimistis untuk turut serta membantu aparat penegak hokum dalam memerangi kejahatan. Mudah-mudahan, Lampung tetap kondusif dan aman,”tandasnya. (Nung/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.