Mudik Lebaran, Polda Lampung Siapkan Empat Gerai Vaksinasi di Rest Area JTTS

by -274 views
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad

BANDAR LAMPUNG – Menyambut arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022, Polda Lampung beserta Jajaran (Polres/Polresta) membuka Gerai Vaksinasi bagi masyarakat (pemudik). Gerai vaksinasi, digelar di empat titik lokasi di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan dibuka selama 24 jam.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, Gerai Vaksinasi dibuka di rest area jalan tol, yakni untuk memfasilitasi masyarakat (pemudik) yang belum divaksinasi.

“Gerai Vaksinasi Covid-19 yang kita sediakan, ada di empat lokasi rest area jalan tol wilayah hukum Polda Lampung,”kata Pandra, Senin (11/4/2022).

Empat lokasi Gerai Vaksinasi itu, kata Kombes Pol Pandra, yakni rest area KM.20 A Lampung Selatan, KM.234 A Mesuji dimana lokasi ini berada dijalur yang menuju ke wilayah Sumatera Selatan. Kemudian dua lokasi lainnya, beradadi jalur yang menuju ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan yakni rest area KM.172 B Lampung Tengah dan KM.20 B Lampung Selatan.

“Gerai Vaksinasi dibuka selama 1×24 jam, terhitung mulai dari tanggal 10-27 April 2022. Sasaran vaksinasi Covid-19 ini, yakni para pelaku perjalanan yang melintas antar Kabupaten/Kota dan Provinsi,”ujarnya.

Dikatakannya, Lampung merupakan sebagai pintu masuk dan keluar Sumatera, sehingga menjadi lokasi strategis untuk mengantisipasi para pemudik yang belum divaksinasi. Sementara vaksin yang disiapkan di Gerai Vaksinasi ini yakni dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 (vaksin booster).

“Vaksinasi ini sendiri, adalah sebagai syarat perjalanan mudik dalam kelonggaran kebijakan pemerintah. Vaksinasi ini penting, karena untuk menjaga herd immunity saat mudik agar tidak terpapar virus Covid-19,”ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Gerai Vaksinasi Covid-19 ini, lanjut Kombes Pol Pandra, Polda Lampung melibatkan 255 personel Polda Lampung, 55 personel Polres Lampung Selatan, 29 personel Polres Lampung Tengah dan 19 personel Polres Mesuji. Selain itu, turut melibatkan instansi terkait lainnya seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota,Dinas Perhubungan (Dishub) dan personel dari Kodim.

“Jumlah vaksinator yang dilibatkan sebanyak 60 orang. Tim vaksinator dalam satu lokasi Gerai Vaksinasi di rest area jalan tol terdiri dari tiga tim, setiap tim terdiri dari lima personel dengan penugasan perhari dibagi menjadi tiga shift pukul 08.00-15.00 WIB, lalu 15.00-21.00 WIB dan 21.00-08.00 WIB,”terangnya.

Untuk itu, Polda Lampung mengimbau kepada pengendara di jalan tol maupun jalan arteri yang belum divaksinasi saat perjalanan mudik lebaran, agar mendatangi Gerai Vaksinasi yang ada di rest area jalan tol untuk dilakukan vaksinasi.

“Selain harus vaksin, kami juga mengimbau agar tetap perhatikan keselamatan dan berhati-hati dalam perjalanan mudik nanti, cek kendaraan sebelum berangkat, lengkapi surat-surat kendaraan dan pastikan kondisi kesehatan saat mudik,”pungkasnya.

Tak Ada Penyekatan dan Siapkan 80 Posko Mudik Lebaran

Selain adanya empat Gerai vaksinasi yang disiapkan direst area JTTS, Polda Lampung akan mendirikan Posko Pengamanan (Pospam) dan Posko Pelayanan (Posyan) bagi para pemudik. Ada 80 titik Posko mudik lebaran yang rencanaya bakal ditempatkan di sepanjang jalur mudik di Provinsi Lampung.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, beberapa pos yang akan didirikan tersebut, untuk melayani masyarakat (pemudik) yang melaksanakan perjalanan saat arus mudik lebaran nanti. Namun Ia belum dapat menjelaskan lebih lanjut, mengenai 80 titik posko mudik lebaran tersebut.

“Diperkirakan ada 80 titik posko mudik lebaran yang akan disiapkan, dan saat ini masih dalam persiapan. Mengenai rincian titik-titik lokasi poskonya masih dalam pembahasan,”ujarnya.

Kombes Pol Raden Romdhon memastikan, beberapa posko mudik lebaran yang disiapkan disejumlah titik jalur mudik tersebut, bukan untuk melakukan penyekatan.

“Jadi tidak ada penyekatan, hanya saja nanti bakal ada rekayasa lalu lintas antisipasi kemacetan,”kata dia.

Menurutnya, pergerakan arus mudik lebaran tahun 2022 ini, diperkirakan bakal dimulai pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2022 nanti. Sementara untuk arus balik, diperkirakan pada tanggal 7- 9 Mei 2022.

Pengoptimalan arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini, kata Kombes Pol Romdhon, tentunya tetap mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nomor 40 tahun 2022 tentang pengaturan operasional angkutan barang pada masa arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2022.

“Untuk itu, kami tetap mengimbau kepada para pemudik agar melaksanakan vaksin booster dan harus tetap berhati-hati saat melaksanakan perjalanan mudik,”tandasnya. (Nung/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.