Salurkan BLT DD di Desa Bumi Sari, Nanang : Manfaatkan Bantuan Ini Dengan Baik

by -69 views

LAMPUNG SELATAN–Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari anggaran Dana Desa (DD) kepada perwakilan warga Desa Bumi Sari, pada Jum’at (1/4/2022).

BLT DD yang disalurkan kepada 146 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah Rp.900 ribu tersebut diberikan untuk periode Januari hingga Maret. Adapun, penyaluran BLT DD ini dilaksanakan di Desa Bumi Sari, Kecamatan Natar.

Tak hanya itu, dalam kegiatan ini juga turut diberikan pula santunan berupa paket sembako kepada 30 anak yatim. Yang mana, santunan ini merupakan program dari Bagian Bina Mental Spritual dan Kemasyarakatan Pemkab Lampung Selatan.

Dalam arahannya, Nanang Ermanto menyampaikan, pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu, telah berdampak pada berbagai sektor termasuk menurunnya perekonomian daerah. Oleh karananya, melalui penyerahan BLT DD tersebut diharapkan dapat menyokong pemulihan ekonomi ditengah masyarakat.

“Dampak dari pandemi ini luar biasa, maka pemerintah pusat terus berupaya agar masyarakat perekonomiannya dapat bangkit pada situasi pandemi. Alhamdulillah, kita mau memasuki bulan ramadhan, maka pemerintah menggulirkan bantuan untuk masyarakat,” kata Nanang.

Orang nomor satu di Lampung Selatan itu juga berpesan kepada para penerima bantuan, agar memanfaatkan dana BLT dengan sebaik mungkin. Sehingga, bantuan yang diberikan dapat benar-benar memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

Terlebih lagi, bantuan tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk membuat atau mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan begitu, pendapatan juga dapat meningkat dan masyarakat mampu mencapai kemandirian pada sektor ekonomi.

“Bantuan ini harus dimanfaatkan dengan baik. Ini kadang-kadang belikan yang tidak perlu, ah sesuk gampang, jangan digampangin. Beli yang perlu, kita harus menghilangkan sifat konsumtif, jangan berlebih-lebihan. Kita tidak boleh hari ini dapat bantuan kita belikan untuk yang tidak semestinya,” ujarnya.

Nanang juga meminta kepada para Kepala Desa (Kades) se-Lampung Selatan agar dapat mendata dengan baik para penerima bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah. Jangan sampai, kata dia, bantuan yang diserahkan menjadi tidak tepat sasaran.

“Saya harapkan kepada pak Kades, seluruh kades didata yang sebenar-benarnya supaya tepat sasaran, saya minta juga kita jangan memiskinkan diri. Karena itu berarti kita tidak bersyukur atas apa yang berikan oleh Allah,” tutur Nanang. (ptm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.