DD dan ADD 168 Desa di Lamsel Termasuk BLT-DD Pekan Depan Diperkirakan Cair

by -319 views

LAMPUNGTERKINI.ID, Lampung Selatan – Sebanyak 168 desa di Kabupaten Lampung Selatan, pekan depan diperkirakan sudah dapat mencairkan Dana Desa (DD) tahun 2022.

Kepala Dinas Erdiyansyah melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pengelola Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan M Iqbal Fuad menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menaikkan berkas untuk pencairan DD itu ke pihak Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Pagi ini kita naikkan ke BPKAD. Jadi, tinggal nunggu surat penghantar dari mereka (BPKAD red),” ujarnya, Selasa 22 Maret 2022.

Iqbal pun menyebutkan, setelah ada surat penghantar dari pihak BPKAD, selanjutnya berkas itu akan dinaikkan ke pihak Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Bandarlampung.

“Biasanya, proses disana memakan waktu sekitar 5 hari kerja. Jadi, kita perkirakan DD itu sudah masuk ke rekening desa sekitar minggu depan,” jelas Iqbal.

Ia menjelaskan, dalam pencairan DD tahap pertama reguler tahun 2022 yakni sebesar 40 persen. Dimana besaran nilai DD untuk 168 desa itu mencapai Rp 40.833.868.400.

Selain itu, ada pula anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk bulan Januari-Febuari-Maret total sebesar Rp17.535.600.000.

“Jadi anggaran untuk DD dan BLT-DD itu sendiri-sendiri. Totalnya (DD+BLT-DD red) mencapai Rp.58.369.468.400,” jelasnya.

Tak hanya itu, Iqbal menambahkan selain DD dan BLT-DD, 168 desa itu juga akan mendapatkan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk triwulan I, total sebesar Rp22.451.406.665.

“Setelah ada pencairan, harapan kami anggaran-anggaran itu dapat dipergunakan sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya. (HerLex)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.