Jelang Pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2021, Polres Lamsel Gelar Rakor Bersama ASDP Bakauheni

by -608 Views

LAMPUNG SELATAN – Menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2021, Jajaran Polres Lampung Selatan melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama pihak ASDP Indonesia Ferry (persero) Pelabuhan Bakauheni, Selasa (7/12/2021) di Ruang Rapat Pelabuhan Bakauheni.

Pelaksanaan Rakor menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2021, Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) dihadiri oleh Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi yang didampingi oleh Kabag Ops Polres Lamsel, AKP Tangguh Buana, ST.MM, Kasatlantas Polres Lamsel AKP Edwin Dirotsaha Putra, SIK, Kasat Intelkam iptu Joko Purnomo.SH, KSKP Pelabuhan Bakauheni AKP Ridho Rafika, SH, MH, GM Pelabuhan Bakauheni Cap Solikin, serta Ketua Organda Lamsel Ivan dan BPTD Panjang.

Kapolres Lamsel AKBP Edwin mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2021 dan menghadapi pelaksanaan hari Natal 2021 dan tahun baru 2022 pihaknya akan menyiapkan 7 Pos Pengamanan, 1 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu.

Untuk Pos Pelayanan ditempatkan di Bandara Radin Inten II Natar dengan personil yang disiapkan sebanyak 11 personil, dan untuk Pos Terpadu yang ditempatkan di area Pelabuhan Bakauheni pihaknya akan menempatkan sebanyak 41 personil.

Kemudian untuk Pos Pengamanan (Pos Pam) ditempatkan di Rest Area KM 87 A (Lematang/Kotabaru)akan ditempatkan sebanyak 87 personil, Pos Pam Pasir Putih Katibung akan ditempatkan sebanyak 30 personil dan Pos Pam Merak Belantung Kalianda akan ditempatkan sebanyak 11 personil.

Selanjutnya untuk Pos Pam Rest Area KM 20 B, ditempatkan sebanyak 21 personil, Pos Pam Exit Tol Hatta ditempatkan sebanyak 11 personil, Pos Pam Pelabuhan BBJ ditempatkan sebanyak 11 personil, dan Pos Pam Pintu keluar pelabuhan Bakauheni, ditempatkan sebanyak 7 personil.

“Adapun tugas para personil yang ditempat disetiap Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu tersebut selain melakukan pengamanan terhadap orang, juga melakukan pemeriksaan terhadap orang yang akan menyeberang ke pulau jawa melalui Aplikasi Peduli Lindungi,” tuturnya.

Sedangkan untuk mengurai kemacetan saat Nataru, pihaknya akan menyiapkan Pos pemeriksaan syarat menyeberang di Area Rest Area KM 33 Exit Tol Hatta dan Pos BBJ.

“Untuk mengurangi kemacetan diarea Pelabuhan diharapkan agar pihak pelabuhan dapat menyiapkan tempat Taping Tiket, sehingga nantinya tidak terjadi kemacetan akibat antrian yang panjang,” pungkasnya sembari menjelaskan bahwa hasil Rakor tersebut akan disampaikan saat pelaksanaan rapat bersama Polda Lampung.

Ditempat yang sama GM Pelabuhan Bakauheni Cap Solikin menjelaskan bahwa untuk pelayanan tiket pihaknya situasional atau melihat kondisi dilapangan. Namun demikian untuk mengurai kemacetan yang terjadi diarea pelabuhan, pihaknya juga melayani penjualan tiket di Rest Area KM 20, sehingga dapat mencegah adanya antrian yang akan terjadi di pelabuhan.

“Dalam rangka mengurangi penyebaran covid-19, pihaknya akan menguatkan stoper sterilisasi diarea Pelabuhan Bakauheni sehingga nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Salah satu perwakilan BPTD Panjang mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung Operasi Lilin Krakatau 2021 yang akan dilaksanakan oleh Polres Lamsel.

“Kami akan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan dan penyeberangan saat pelaksanaan Natal dan tahun baru (Nataru),” tukasnya.

Sementara itu Ketua Organda Lampung Selatan Ivan Rizal mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung dan mensukseskan Operasi Lilin Krakatau 2021 Polres Lampung Selatan. Namun demikian pihaknya meminta kepada pihak pelabuhan agar dapat mempersiapkan waktu pelayanan pembelian tiket kepada para pengguna jasa.

“Demi keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa penyeberangan, dimohon kepada para petugas yang melakukan pengecekan persyaratan perjalanan/penyeberangan seperti Rapidtest dan lainnya, hendaknya menyiapkan area parkir yang luas sehingga para pengguna jasa merasa nyaman dan aman,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.