Pemkab Lamsel Gelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2021

by -760 Views

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Aula Sebuku, rumah dinas  bupati Lampung Selatan, Senin (18/10/2021).

Hal tersebut dalam rangka mewujudkan suksesnya pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 yang akan digelar pada 28 Oktober 2021 dengan aman, damai, sehat, dan kondusif.

Acara itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, dan perwakilan Forkopimda Lampung Selatan.

Hadir juga Ketua Komisi I DPRD Lampung Selatan Bamabang Irawan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Lampung Selatan Supriyanto beserta Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala BKD, dan beberapa pejabat lainnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan, Rohadian menyampaikan, Deklarasi Damai Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2021 diikuti 284 calon kepala desa dari 84 desa yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian jumlah panitia penyelenggara secara keseluruhan sebanyak 4.265 orang dan jumlah saksi sebanyak 1.717 orang dengan jumlah 469 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Adapun, lanjut Rohadian, kegiatan Deklarasi Damai dilaksanakan secara tatap muka dan dalam jaringan melalui zoom meeting. Dengan peserta virtual sebanyak 530 orang.

“Yang hadir di Aula Sebuku sebanyak 100 orang, terdiri dari 78 orang dari Kecamatan Kalianda, dan 22 orang dari panitia Pilkades Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan di 16 kecamatan lainnya mengikuti secara virtual dari kecamatan masing-masing,” tuturnya.

Sekda Thamrin saat menyampaikan arahan bupati pada acara Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2021.

Sementara itu, menyampaikan amanat Bupati Lampung Selatan, Sekda Thamrin berharap dengan komitmen bersama pada Deklarasi Damai tersebut dapat menciptakan kondisi pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 yang aman, damai, sehat dan kondusif.

“Melalui momentum Deklarasi Damai ini, kita semua harus mampu mewujudkan  kampanye Pilkades yang damai, aman dan tertib, yang dituangkan dalam ikrar bersama. Bukan sekedar formalitas dan seremonial belaka. Tetapi lebih memiliki makna untuk mempertegas sikap peserta Pilkades yang berintegritas,” tegas Thamrin.

Lebih lanjut Thamrin menyampaikan, Deklarasi Damai tersebut juga harus memuat komitmen dan konsistensi dari seluruh calon kepala desa yang diharuskan untuk turut menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses pelaksanaan Pilkades serentak.

“Deklarasi pada hari ini merupakan bagian dalam kerangka membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi yang semuanya mengikat untuk diwujudkan dalam perhelatan Pilkades serentak ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Thamrin meminta kepada 284 calon kepala desa agar dapat menyatukan persepsi dan komitmen untuk menjaga situasi yang kondusif. Lalu menghindari kecurangan yang dapat menimbulkan gesekan dari para pendukungnya.

Selain itu Thamrin juga mengingatkan kepada para calon kepala desa harus menyadari bahwa dalam kompetesi pesta demokrasi Pilkades tersebuti harus siap menang dan kalah.

“Menang kalah adalah hal yang lumrah. Jangan sampai kekalahan menimbulkan rasa dendam yang mendalam. Bagi yang menang, saya titip pesan jangan merayakan dengan euforia yang berlebihan, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” imbuh Thamrin.

Para calon kepala desa dari Kecamatan Kalianda mengucap ikrar Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2021 di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan.

Sementara itu, mewakili Dandim 0421/LS, Pasi Ops Kapten Infantri Tarekat menyatakan, bahwa pihaknya siap mendukung pelaksanaan Pilkades serentak 2021, baik secara langsung maupun tidak langsung agar dapat berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.

“Pada prinsipnya kami siap mendukung. Masing-masing kontestan Pilkades agar dapat menjalankan ikrar sesuai dengan apa yang telah diucapkan. Mari kita sama-sama jaga ketertiban agar Pilkades berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” kata Tarekat.

Dikesempatan sama, Wakapolres Lampung Selatan Kompol Firman Sontama mengimbau kepada seluruh unsur yang terlibat dalam Pilkades serentak dapat menjaga netralitas.

Dia meminta, semua pihak bersama-sama TNI-Polri dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Lampung Selatan yang kondusif.

“Kami Polres Lampung Selatan akan berusaha sekuat tenaga menjaga tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkades berjalan dengan aman, tertib dan kondusif. Sehingga Pilkades Serentak Tahun 2021 berlangsung aman, damai dan sejuk,” tandasnya. (Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.