Nanang Jamin Rekrutmen Pol PP Bebas Sogok, Pejabat Bermain di Pecat

by -796 Views

KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Lampung Selatan mulai membuka rekrutmen anggota baru secara umum bagi masyarakat, pada Rabu (20/10/2021) besok.

Desas-desus akan praktik sogokan mencuat. Atas hal ini, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menggaransi jika rekrutmen tersebut murni seleksi dan transparan.

Bahkan, dia mengecam adanya praktik percaloan atau sogok menyogok. Tak tanggung-tangung, jika kedapatan ada oknum pejabat yang mengambil keuntungan pribadi dalam rekrutmen anggota Sat Pol PP, bakal diberi sanksi tegas berupa pencopotan jabatan.

Hal ini ditegaskan Nanang Ermanto, pada Senin (18/10/2021). Orang nomor satu di Bumi Khagom Mufakat ini mengatakan, praktik calo itu harus diberantas. Sebab menurutnya, hal itu merusak moral dan berakibat pada buruknya citra pemerintahan.

“Tidak ada bayar-bayar atau sogok menyogok untuk bisa diterima jadi anggota Sat Pol PP Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Nanang kepada awak media.

Nanang mengajak, seluruh masyarakat khususnya para pemuda yang berminat dan masuk dalam kategori penerimaan Pol PP bisa mendaftarkan diri. Caranya, dengan mengikuti ketentuan dan syarat yang telah diumumkan oleh OPD terkait.

“Saya tantang pemuda dan pemudi yang berminat silahkan mendaftarkan diri. Karena penerimaan anggota baru ini gratis. Jadi, siapkan fisik, mental dan berbagai syarat yang diperlukan,” tegas Nanang.

Nanang Ermanto juga mengimbau, agar masyarakat jangan mudah percaya dengan bujuk rayu oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dalam rekrutmen Pol PP tersebut.

Seperti halnya yang menjanjikan atau mungkin memberikan jaminan bisa diterima ke dalam anggota Sat Pol PP Kabupaten Lampung Selatan.

“Kalau ada praktik yang demikian laporkan kepada saya. Saya akan tindak tegas. Kalau pejabat kita copot jabatannya. Nanti kita sama-sama laporkan tindakan yang tidak terpuji itu kepada pihak yang berwajib. Kalau toh memang ada yang seperti itu,” tukasnya.

Dia menjamin, seleksi penerimaan anggota Sat Pol PP Lampung Selatan yang akan dibuka itu murni, akuntabel dan transparan. Sehingga, mampu menghasilkan anggota atau THLS yang berkepribadian mulia dan taat terhadap tanggung jawab pekerjaannya.

“Jangan sampai, ada masyarakat yang terburu-buru dan telah menitipkan kepada oknum yang tidak bertanggungjawab supaya bisa menjadi anggota Sat Pol PP. Kami tegaskan sekali lagi seleksi ini murni tanpa ada titipan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Lampung Selatan membuka rekrutmen anggota Pol PP baru sebanyak 220 orang.

Kepala Sat Pol PP Kabupaten Lampung Selatan Heri Bastian mengatakan, rekrutmen tersebut lantaran jumlah personil Pol PP yang ada saat ini sangat minim. Sehingga, ketertiban dan ketentraman belum bisa ditegakkan secara maksimal.

“Kabupaten Lampung Selatan ini kan mempunyai wilayah yang sangat luas. Terdiri dari 17 kecamatan, dan memiliki hampir 49 tempat wisata. Sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, ada Pelabuhan Bakauheni. Belum lagi sebagai tempat transit penduduk dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya,” ujar Heri Bastian kepada Diskominfo Lamsel ditemui di kantornya, Jumat lalu (15/10/2021). (Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.