Hujan Deras Semalaman Ratakan Rumah Warga Kecamatan Sidomulyo dan Candipuro

by -1044 Views
Keterangan poto : dua rumah ambruk diguyur hujan, milik warga Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan.

LAMPUNG SELATAN – Hujan deras semalaman mengakibatkan rumah milik Satra (53) warga RT 01/RW 02 Desa Siringjaha Kecamatan Sidomulyo dan rumah milik Hambali (40) warga RT 11/ RW 06 Desa Bumi Jaya Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, ambruk hampir rata dengan tanah Selasa (7/9/2021).

Berdasarkan informasi yang di terima Lampungterkini.id, ambruknya rumah tersebut diasbabkan bangunan rumah sudah rapuh termakan usia, sehingga tidak mampu menahan derasnya guyuran air hujan semalaman.

Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto saat di lokasi mengatakan, pada saat kejadian korban sedang tidak ada di rumah, melainkan sedang melaut menangkap ikan.

“Beliau pekerjaan kesehariannya sebagai nelayan, jadi saat kejadian korban tidak di rumah,” ujarnya.

Rumah milik Satra warga Desa Siringjaha Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan.

Rumah milik Satra yang terbuat dari bilik bambu ukuran 5 X 7 meter, dan pada waktu ambruk, hanya ada Hayati (48) istri korban seorang diri. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya istri korban tertimpa reruntuhan genting di punggungnya, sekitar pukul 10.00 WIB.

“Pada saat kejadian Hayati ada di dalam mendengar suara gemuruh, ia berlari keluar rumah dan selamat dari kejadian yang dialaminya,” terangnya.

Namun perabotan rumah tidak bisa di selamatkan tertimpa reruntuhan rumah, sambungnya. Selang beberapa waktu kemudian tetangga korban yang mengetahui kejadian tersebut langsung datang menolong dan bergotong royong membersihkan puing-puing rumah yang ambruk.

“Saat ini korban tinggal bersama orang tuanya, peristiwa ambruknya rumah korban sudah dilaporkan ke BPBD Lampung Selatan dan langsung mendatangi lokasi kejadian,” kata Rendy.

Di tempat terpisah, rumah Hambali yang berada di Dusun 6 Taman Sari RT.11 Desa Bumi Jaya Kecamatan Candipuro, Lamsel yang terbuat dari geribik bambu berukuran 5×6 meter pun ambruk, sekitar pukul 15.00 WIB.

Rumah milik Hambali warga Desa Bumi Jaya Kecamatan Candipuro Lampung Selatan.

Kepala Desa Bumi Jaya Aris Mustofa membenarkan tentang rumah salah salah satu warganya ambruk akibat hujan deras semalaman yang mengguyur di wilayah Desa Bumi Jaya. Dugaan sementara penyebabnya bangunannya karena sudah rapuh termakan usia.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam hal ini, dan pada saat roboh pemilik di dalam rumah mendengar rumah akan ambruk, korban langsung berlari keluar rumah korban pun selamat. Namun pada saat ambruk, perabotan rumah tangga termasuk dua unit sepeda motor yang berada didalam rumah tertimpa puing puing runtuhan atap rumah,” terang Aris.

(Slamet Riyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.