Bunda Winarni Berikan Bantuan ke Warga Korban Banjir Sragi

by -754 Views

LAMPUNG SELATAN – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, di dampingi Anggota DPRD Lampung Selatan, Rosdiana, berikan bantuan kepada warga korban banjir di Dusun Kuala Jaya Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Rabu (11-8-2021).

Istri dari Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto tersebut, memberikan bantuan paket sembako berupa beras, sarden, minyak goreng, gula dan mie instan secara simbolis kepada Kamid dan Mulyanah, yang dipusatkan di rumah Rohani, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Banjir setinggi 10 cm yang menggenangi sekitar 50-an rumah warga dusun Kuala Jaya, diakibatkan curah hujan cukup tinggi yang terjadi sejak senin malam hingga selasa pagi (10-10-2021).

Mendapatkan laporan adanya warga yang kebanjiran, H.Nanang Ermanto meminta kepada Hj. Winarni untuk menyambangi sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah.

“Seyogyanya pak Bupati yang akan datang kemari. Beliau jika mendapatkan laporan ada warganya yang tertimpa musibah, pasti segera menengoknya. Namun, karena beliau ada acara yang sudah di agendakan, beliau meminta saya untuk mewakilinya. Beliau saat ini sedang meninjau pelaksanaan PPKM level 4 di Jatiagung yang memang sudah di agendakan sejak kemarin. Beliau titip salam pada kita semua,” ujar Hj. Winarni yang juga sebagai Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan.

“Ini paket bantuan yang tidak seberapa sebagai bentuk perhatian kami pada masyarakat. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban bapak-ibu yang terkena musibah banjir,”ujar Hj.Winarni saat memberikan bantuan.

Pada kesempatan itu, disela perbincangan, Hj. Winarni juga mendapatkan laporan bahwa sebagian warga masyarakat yang terkena musibah banjir sedang mengikuti pelatihan tanggap bencana yang diselenggarakan BPBD Propinsi dan BPBD Kabupaten Lampung Selatan.

Hj. Winarni pun menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut yang diselenggarakan di Balai Desa Bandar Agung Kecamatan Sragi yang jaraknya sekitar 7 km dari dusun Kuala Jaya.

Di acara tersebut, Hj. Winarni meminta kepada masyarakat yang mengikuti pelatihan untuk serius mengikuti materi yang diberikan oleh narasumber. Tidak lupa, Istri orang nomor satu di Lampung Selatan itu juga turut mensosialisasikan Instruksi Bupati Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPKM level 4 sebagai pelaksanaan dari Instruksi Mendagri Nomor 31 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Covid-19 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

“Kemarin, melalui Instruksi Mendagri Nomor 31 Tahun 2021, Lampung Selatan yang sebelumnya berada pada PPKM level 3, naik menjadi PPKM level 4. Oleh karenanya, pada kesempatan ini saya mengajak kepada kita semua untuk benar-benar menjaga protokol kesehatan,”ujar Bunda Win, sapaan akrab Hj. Winarni.

“Perlu kesadaran, komitmen kita semua untuk menekan laju penularan Covid-19. Di PPKM level 4 ini tidak boleh ada resepsi atau kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. Dengan kesadaran, kepatuhan, serta komitmen kita semua untuk menjaga protokol kesehatan, InsyaAllah laju penularan Covid-19 dapat kita tekan,” tegas Winarni yang juga sebagai Bunda Literasi Lampung Selatan.

Sementara itu, pada bagian lain, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan Bencana BPBD Lampung Selatan, Wahyu Hidayat, menjelaskan bahwa kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana merupakan kegiatan BPBD Propinsi Lampung yang diselenggarakan sejak tanggal 30 Juli 2021. Namun kegiatan tidak dilaksanakan setiap hari.

“Kegiatan Pembentukan Desa Tangguh Bencana ini merupakan kegiatan BPBD Propinsi, dan Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan merupakan desa pertama yang diadakan pelatihan desa tangguh bencana untuk Tahun 2021,” ujar Wahyu menjelaskan. (kmf).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.