Tekan Penyebaran Covid-19, Nanang Perintahkan Kadis Turun Langsung Monitoring dan Evaluasi ke Tiap Kecamatan

by -167 Views

LAMPUNG SELATAN – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan yang juga Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto terus berupaya menekan laju penyebaran virus Covid-19 di wilayahnya.

Salah satunya dengan menerjunkan Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 yang terdiri dari Kepala Dinas (Kadis) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat untuk turun langsung ke setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Tim Gugus Tugas tersebut bertugas melaksanakan pemantauan, pengawasan, monitoring dan evaluasi terkait penanganan, pengendalian, pencegahan, dan pemulihan dampak Covid-19 secara langsung ke lokasi berdasarkan pembagian wilayah/daerah tugasnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto meminta kepada tim tersebut untuk turun langsung ke lapangan guna memonitoring dan mencari data yang nantinya akan dirumuskan sebagai pijakan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya menekan laju penularan Covid-19. Makanya saya membentuk tim agar tiap OPD dapat turun langsung ke masyarakat, melakukan tindakan nyata guna mencegah penularan Covid-19,” ujar Nanang dalam keterangannya, kamis (5/8/2021).

Nanang menyebut, ada banyak hal yang dapat dilakukan tim tersebut dengan turun langsung ke masyarakat. Seperti memantau pelaksanaan vaksinasi, kemudian memonitor perilaku masyarakat agar benar-benar disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Nanang, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, perlu dilakukan kerjasama dan koordinasi semua pihak. Yaitu melibatkan unsur pemerintah, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh adat, akademisi, swasta, komunitas, dan elemen masyarakat lainnya.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Tetapi perlu adanya kerja sama serta kepatuhan semua  pihak dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata Nanang.

Sementara itu, dari laporan yang disampaikan Tim Gugus Tugas, pada Kamis (5/8/2021) sejumlah tim telah melakukan monitoring dan evaluasi di daerah tugasnya masing-masing.

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Hari ini, Kamis, 5 Agustus 2021 melakukan kegiatan monitoring di Kantor Lapas Kelas II Kalianda, Lampung Selatan. Disana sedang melakukan kegiatan vaksinasi. Sebanyak 735 warga binaan diberikan vaksin tahap II.

Pada bagian lain, di Kecamatan Way Panji, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan, Dwi Jatmiko didampingi Camat Way Panji Isro Abdi, melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji.

“Pada hari ini Tim Gugus Tugas Kabupaten melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi tahap II di Desa Tanjung Harapan dengan peserta sebanyak 120 orang. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan Mulyadi Saleh yang melakukan monitoring dan evaluasi di Kecamatan Merbau Mataram. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.