Jaga kamtibmas, Desa Seloretno Tingkatkan Ronda Malam

by -739 Views

LAMPUNG SELATAN – Desa Seloretno, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan fokus pada kegiatan ronda malam untuk mengawasi peredaran narkoba, miras dan aksi kejahatan serta langkah deteksi dini menciptakan ketentraman dan ketertiban umum di wilayahnya.

Guna mencegah aksi kejahatan dan kriminalitas di Desa perlu adanya pembentukan tim satuan tugas relawan keamanan lingkungan, seperti kegiatan ronda malam.

Kepala Desa Seloretno, Achmad Subari mengatakan, kegiatan ronda malam yang sudah berjalan harus lebih di galakkan agar masyarakat bisa lebih hidup aman dan nyaman.

“Semua masyarakat harus berperan serta dalam mengawasi peredaran narkoba, miras dan aksi kriminalitas,” ujarnya.

Selain itu lanjut dia, masyarakat diminta untuk memberikan informasi terkait adanya kegiatan yang mencurigakan. Kalau ada warga yang di tinggal di kontrakan agar bisa melaporkan diri pada RT dan Kadus setempat.

“Apabila ada yang di curigai ada peredaran narkoba di lingkungan masing-masing, warga bisa berkordinasi dan melaporkan kepada aparat keamanan,” kata dia saat memberikan pembinaan Linmas di Balai Desa Seloretno, Senin (7/6/21).

Senada, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto juga menjelaskan, kejahatan bisa terjadi berasal dari narkoba dan miras. Untuk itu bila ada hal-hal yang mencurigakan terjadi di lingkungan sekitarnya, bisa saling berkordinasi.

“Jaga malam atau ronda agar di hidupkan kembali dan lebih ditingkatkan di setiap perbatasan agar ada poskamling, agar bisa memantau di saat jam rawan. Desa juga buat Perdes tentang aturan wajib lapor setiap ada warga pendatang dan yang ada di kontrakan. Peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas harus tingkatkan lagi sebagai upaya pencegahan terjadinya aksi kriminalitas di setiap wilayahnya masing-masing,” tukasnya.

Sementara Kapolsek Sidomulyo Iptu Hengky Darmawan minta masyarakat untuk memberikan informasi terkait dengan peredaran narkoba di lingkungan wilayahnya masing-masing,

“Tanpa ada kerjasama yang baik dari masyarakat, mustahil kami pihak kepolisian bisa mengungkap aksi kejahatan secepatnya. Jadi keamanan itu bukan tanggung jawab TNI dan Polri saja semua itu milik kita bersama. Mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap diri kita sendiri dan lingkungan, dengan menghidupkan kembali siskambling/ronda malam, jika ada hal hal yang mencurigakan segera berkordinasi dan melaporkannya kepada aparat,” pungkasnya.

(Slamet Riyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.