Rakor Penerapan PPKM Skala Mikro Di Kecamatan Candipuro

by -229 views

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kecamatan Candipuro bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) terkait dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro berbasis Desa/ Kelurahan di Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan.

Acara di gelar di aula Kecamatan setempat, di hadiri Camat Candipuro Wasidi, Kapolsek yang di wakili Iptu Wayan Susul, Danramil 421-07/Sidomulyo Peltu Heriudin, Kepala UPT Puskesmas Candipuro di wakili Iyan, para kepala Desa se-Kecamatan Candipuro serta tokoh masyarakat, Rabu (5/5/21) pukul 11.00 Wib.

Camat Candipuro, Wasidi selaku Ketua Tim Satgas Covid -19 Kecamatan menyampaikan, perlu di ketahui kita semua untuk selalu menjaga kesehatan mengingat pandemi covid 19 masih belum berakhir. Kepala Desa agar lebih meningkatkan himbauan kepada warga nya agar selalu mengikuti dan patuh pada protokol kesehatan (protkes) sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Agar Kepala Desa mengaktifkan PPKM dan kampung tangguh nusantara yang telah di bentuk di masing – masing Desa, upaya ini sebagai langkah pencegahan dan pengendalian serta pengamanan covid-19 utama dalam PPKM, sesuai Surat Edaran (SE) Gubernur Lampung untuk batasi kegiatan masyarakat baik di pasar, masjid dan tempat lain-lain,” ujarnya.

Wasidi pun menghimbau agar sekiranya apabila ada warganya yang berada di pulau Jawa / luar daerah agar di sarankan tidak mudik. Bila di dapati warga yang datang dari luar kota agar di data, di himbau agar menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu.

“Apalagi pada saat ini dilakukan penyekatan bagi yang mudik, dan para Kepala Desa jangan semudah nya membuat surat keterangan bagi warganya,” kata dia.

Dirinya menambahkan, di Lampung Selatan angka stunting bertambah, maka libatkan semua elemen yang ada di desa untuk mengatasi stunting supaya swasembada gizinya bisa tercapai.

Wasidi berpesan, agar desa yang memiliki pasar dapat aktifkan kembali satgasnya dan libatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa juga elemen yang ada di tingkat desa agar lebih berperan dalan PPKM

“Untuk vaksinasi covid-19 masih bertahap dan berjalan,” tuturnya.

Sementara Iptu I wayan Susul mewakili Kapolsek Candipuro mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir di acara rakor hari ini, sesuai dengan anjuran pemerintah agar warga patuhi protkes dan agar masyarakat tidak melaksanakan sholat id di lapangan/masjid guna pencegahan penyebaran covid-19.

“Mari kita aktifkan posko PPKM di desa masing masing, dengan melibatkan satgas covid-19 agar berikan himbauan kepada warganya untuk tidak melaksanakan takbir keliling,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu juga Danramil 421-07/Sidomulyo yang di wakili Peltu Heriudin berpesan, agar sekiranya para Kades untuk bisa bekerjasama menerapkan PPKM di desa nya masing – masing.

“Pelaksanaan sholat id dan mudik kita patuhi himbauan dari Pemerintah karena masih masa pandemi covid 19,” pungkasnya.

Di ketahui untuk vaksinasi Covid-19 di wilayah Candipuro akan di laksanakan kembali setelah lebaran, untuk vaksin guru baru tahap 1 dan itu belum semua sedangkan untuk vaksinasi nanti pihak Puskesmas akan mendatangi nya ke desa-desa agar lebih efisien bekerjasama dengan Kepala Desa.

(Slamet Riyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.