Winarni dan Nuri Hadiri Syukuran HUT Dekranas Ke-41 Secara Virtual

by -920 Views

KALIANDA – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun ini berusia 41 tahun. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, syukuran hari ulang tahun (HUT) Dekranas tahun ini dilaksanakan secara virtual karena kondisi pandemi Covid-19.

Syukuran HUT ke-41 Dekranas itu pun diikuti seluruh pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Hadir dalam kegiatan itu, Ibu Negara sekaligus Pembina Dekranas Iriana Jokowi, serta Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’aruf Amin dan jajaran pengurus Dekranas.

Di Kabupaten Lampung Selatan, Ketua Dekranasda Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Wakil Ketua Nuri Maulida Lenggono beserta jajaran pengurus mengikuti kegiatan itu dari Aula Rajabasa, kantor bupati setempat melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (3/3/2021).

Hadir juga di kegiatan itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Yusri, SE, MM, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, I Ketut Sukerta, SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Yansen Mulia, MP, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam syukuran HUT Dekranas ke-41 kali ini, dilakukan prosesi pemotongan tumpeng oleh Pembina dan Ketua Umum Dekranas dan diikuti seluruh peserta secara virtual.

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin mengatakan, dengan bertambahnya usia Dekranas, diharapkan menjadi lebih produktif, semakin memiliki peran besar untuk pengrajin, masyarakat, bangsa serta negara terutama dimasa pandemi ini.

“Dekranas diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku usaha, UMKM atau IKM. Khususnya pada sektor kerajinan agar dapat kembali bangkit di masa pandemi,” ujarnya.

Lebih lanjut Wury Ma’ruf Amin mengatakan, sebagai upaya memajukan kerajinan serta pengrajin di Indonesia, Dekranas telah melakukan berbagai program yang diharapkan dapat berperan besar untuk kemajuan Indonesia ke depan.

“Diantaranya pembinaan kepada pengrajin pada lima destinasi wilayah super, memfasilitasi akses kendaraan dan pemasaran dengan melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia, Tokopedia serta lainnya,” kata istri Wakil Presiden RI ini.

Sementara, dalam arahannya, Pembina Dekranas, Iriana Jokowi mengatakan, Dekranas harus mampu berjuang dalam mengembangkan produk kerajinan nusantara, meski sedang dalam masa sulit di era pandemi.

“Dekaranas harus tetap berjalan aktif dalam mengembangkan produk kerajinan Indonesia disertai dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Iriana Jokowi.

Menurutnya, cara yang paling efektif untuk mewujudkan hal tersebut ditengah pandemi adalah dengan melakukan penjualan produk melalui platform digital atau secara online.

“Penjualan online tumbuh signifikan. Hal ini harus kita manfaatkan, sehingga pengrajin kita (Dekranas) dapat memasarkan produknya lebih masif lagi,” tuturnya.

Iriana Jokowi berharap, dengan memaksimalkan pemasaran produk secara digital, produk kerajinan nusantara mampu menjadi tuan rumah di Negara Indonesia. (ptm/kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.