Guru PNS Baru SDN Ikuti Bimtek PIGM di Sidomulyo

by -316 views
Bimtek PIGM

SLAMET RIYADI

LAMPUNG SELATAN – Sebanyak 39 orang Guru PNS baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) dibekali Program Induksi Guru Pemula (PIGM), di SDN 1 Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan. Kamis, 25 Februari 2021.

Pembekalan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diikuti guru pemula SDN di empat wilayah, meliputi kecamatan Sidomulyo, Candipuro,Way Sulan dan Way Panji.

Kegiatan berlangsung dengan tetap mengikuti arahan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19, dengan tema “Kita ciptakan Guru yang profesional tangguh, imtaq, mudah beradaptasi iklim kerja dan budaya sekolah”.

Hadir dalam acara tersebut kordinator V Sapta Ningsih, pengawas tingkat Sekolah Dasar, Suparmo S.Pd. MM beserta para anggota dan sejumlah Dewan Guru SD.

Sapta Ningsih selaku Kordinator Wilayah (Korwil) 5 menyampaikan, sekarang ini guru PNS pemula belum memiliki surat keputusan penetapan dalam jabatan guru dan belum memiliki sertifikat induksi diwajibkan mengikuti program Induksi yang akan dilaksanakan.

“Oleh karenanya, ikutilah bimtek pelaksanaan program induksi ini dengan serius dan pergunakanlah waktu yang sangat singkat ini dengan sebaik mungkin,”kata Sapta.

Dirinya berharap agar nantinya menjadi guru yang profesional, tangguh beriman yang nantinya bisa beradaptasi dengan sekolah yang baru, oleh karena kegiatan ini sebagai langkah awal bimbingan, meskipun semuanya berawal menjadi guru honorer.

Suparmo S.Pd. MM selaku pihak panitia menyampaikan, kegiatan ini menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi (Rakor) pengawas SD dan SMP se-Kabupaten Lampung Selatan yang telah dilaksanakan Rabu 17 Februari 2021 di SMPN 1 Kalianda dan rapat para pengawas Kecamatan Sidomulyo, Candipuro, Way Panji, dan Way Sulan yang dilaksanakan pada Kamis 18 Februari 2021.

“Sebagai bekal nantinya saat melaksanakan tugas untuk itu pihaknya melakukan bimtek pelaksanaan program dimaksud induksi bagi para guru pemula,”ujarnya.

Adapun yang mengikuti kegiatan
Bimtek Program Induksi Guru Pemula
peserta kegiatan ada 39 orang guru pemula dari 4 kecamatan, di antaranya dari Kecamatan Sidomulyo 20 orang, Candipuro 11 orang,  Way Panji 3 orang dan  Kecamatan Way Sulan 5 orang.

Suparmo menjelaskan, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yakni hari Kamis dan Jumat ( 25 dan 26 ) Februari 2021 dengan materi bimtek program induksi Guru pemula, SKP, Usul dan Dupak.

Bimtek ini bertujuan, lanjutnya. Untuk memberikan bekal teknis terkait dengan pelaksanaan program induksi guru pemula. Sehingga para guru pemula mendapat gambaran teknis apa yang akan dan yang harus dilakukan serta mendapat hasil maksimal dalam jangka setahun.

“PIGM ini merupakan salah satu syarat untuk diangkat dalam jabatan fungsional guru, di samping harus memiliki sertifikat pendidik melalui Diklat Pendidikan Profesi Guru,” tuturnya.

 

EDITOR

Heri Suwandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.