Pengelolaan BUMDes Tunas Mekar Disinyalir Tak Berjalan

by -875 Views
BUMDes Tunas Mekar, Desa sukaraja Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

LAMPUNG SELATAN – Pengelolaan anggaran penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tunas Mekar, Desa sukaraja Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019, disinyalir tidak berjalan.

Hal itu berdampak pada warga masyarakat yang seharusnya dapat menerima manfaat dari bantuan tersebut, baik di sektor pertanian maupun simpan pinjam usaha mikro dan kecil menengah tetapi fakta berkata lain.

Secara teknis dana bantuan penyertaan modal BUMDes Tunas Mekar Desa Sukaraja yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2019 tersebut sudah terealisasi dengan penuh, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya.

BUMDes Tunas Mekar Desa Sukaraja bergerak dalam bidang mikro kecil yakni membuka usaha dalam jenis penjualan Alat Tulis Kantor (ATK), pembayaran listrik dan persewaan alat Cor (Mesin molen). Namun sejauh ini terlihat BUMDes setempat sering kali tertutup seolah tidak berpenghuni.

“Sering bener BUMDes itu tutup, seminggu kadang buka kadang gak, itu gak jelas anggaran nya berapa dan liat mesin di depan toko itu seperti tidak terawat, hujan panas nangkring di depan situ saja,” Kata Y (35) warga setempat.

Setelah mendapatkan keluhan dari masyarakat, media online lampungterkini.id mencari informasi terkait tidak berjalannya BUMDes Tunas Mekar Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa tersebut.

Dahlia, ketua BUMDes Tunas Mekar Desa sukaraja dalam sambungan telepon menjelaskan bahwasanya dirinya saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai ketua, pasalnya beberapa hari lalu pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaraja telah membubarkan kepengurusan BUMDes dan sedang mencari atau sedang menjaring anggota baru.

“Kemarin itu mas kami baru rapat pembubaran BUMDes, karena sekarang hanya saya sendiri yang mengurusnya, jadi saat ini dari hasil rapat tersebut BUMDes Desa Sukaraja sudah resmi di bubarkan. Sekarang saya bukan ketua BUMDes Tunas Mekar lagi” Kata Dahlia Jumat (22/01/2021).

Pewarta menghubungi Kepala Desa (Kades) Sukaraja melalui via WhatsApp, untuk mendapatkan penjelasan terkait keluhan warga soal pengelolaan BUMDes di Desanya.

“Ass. Izin pak kades. Itu BUMDes desa kenapa ya kok jarang buka.?? Apa alasannya,”

Hingga berita ini di turunkan pesan dari media ini tidak di balas namun pesan WhatsApp tersebut hanya di baca saja. (Tim)

 

EDITOR

Heri Suwandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.