Koperasi HJS Desa Siringjaha Mampu Bertahan dan Berinovasi Dimasa Pandemi Covid-19

by -208 views
RAT buku 2020 Koperasi HJS Desa Siringjaha Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan

LAMPUNG SELATAN – Koperasi Harapan Jaya Sentosa (HJS) Desa Siringjaha Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan tetap bertahan dan berinovasi dalam mengembangkan usaha nya di masa pandemi Covid-19.

Koperasi Harapan Jaya Sentosa Desa Siringjaha merupakan salah satu lembaga penyalur dan pengelolaan dana yang berasal dari para anggota, masyarakat maupun program kerjasama untuk kegiatan pemberian simpan pinjam serta kegiatan bidang usaha berupa pembayaran Listrik, juga kredit elektronik.

Pada saat memberikan Laporan Rapat Akhir Tahun (RAT) 2020 yang ke-7. Pendapatan sebesar Rp 577.041.220 alami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya Rp 465. 594.362. Di masa pandemi Covid-19 biaya operasional meningkat menjadi Rp 450.428.763, sedangkan tahun sebelumnya sebesar Rp322.673.243.

“Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi HJS menjadi sebesar Rp126.512.457, untuk tahun lalu mencapai Rp142.921.119. Pendapatan laba menurun karena dampak pandemi covid-19, saat ini menurun kewajiban anggota yang tidak memenuhi persyaratan dan peningkatan penarikan simpanan suka rela,” kata Euis Ikeu selaku ketua pengurus Koperasi HJS usai RAT, Kamis 14 Januari 2021.

Dirinya menjelaskan, penurunan laba ada berapa faktor, dari di PHK salah satu anggota dari perusahaan dan sektor pariwisata yang hingga kini sepi pengunjung dikarenakan masa pandemi Covid-19, “padahal mereka salah satu anggota pelaku Usaha Mikro Kecil di pantai wilayah sekitar,” ujarnya.

Koperasi HJS pada tahun 2020, lebih fokus mengembangkan kredit barang elektronik mebeller dan material bangunan untuk anggota di tahun 2021, agar dapat mendongkrak pendapatan koperasi HJS di masa pandemi Covid-19. “dalam menjalankan usaha bukan simpan pinjam saja, namun juga mengembangkan kredit barang,” ungkap dia.

Pandemi covid-19 yang hingga kini belum berakhir, lanjutnya. Sangatlah berdampak pada perkembangan aspek kinerja Koperasi HJS, khusus nya di tubuh para anggota, semoga wabah ini cepat berlalu agar kembali seperti sediakala.

“Sejak berdiri pada tahun 2014, anggota koperasi HJS mencapai 192 orang yang merupakan pelaku usaha kecil semuanya dan sejak itulah banyak program masyarakat yang merasakan, di antaranya memberikan santunan bagi anggota yang sakit, meninggal, di bidang sosial santunan terhadap anak yatim, korban bencana alam dan kebakaran,” kata dia.

Hadir dalam rangkaian acara tersebut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Erman Suheri, Mewakili Dinas Koprasi dan UMKM Lamsel Ir, Tanjung Bahari TB, Ketua pengurus koperasi Sidomulyo Jejama Makmur (SJJM), Mukshin. SH, Kepala Desa Siringjaha, Rusli dan para tamu undangan serta Anggota Koperasi HJS. (Slamet Riyadi)

 

EDITOR

Heri Suwandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.