Di Sidowaluyo, Maling Sikat Kabel PLN Tegangan Tinggi

by -361 Views
Pencuri kabel listrik di tangkap warga Desa Sidowaluyo

LAMPUNG SELATAN – Aksi pencuri kabel listrik ini terbilang nekad, karena langsung berhadapan dengan listrik tegangan tinggi. Mereka menggasak kabel listrik milik PLN secara terang-terangan di area persawahan Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Kamis (14/1/2021).

Sindikat maling spesialis kabel listrik tersebut akhirnya tak berkutik setelah aksi kejahatan nya di ketahui oleh warga Sidowaluyo, Budoyo, anaknya dan Icah yang hendak menengok sawah sekitar pukul 04.00 Wib, pagi.

Para pelaku lancarkan aksinya menggunakan mobil Xenia B-1152-CKJ masuk areal persawahan lalu melancarkan aksinya dengan memotong kabel gardu induk listrik, mencuri kabel jenis tembaga. Pelaku berjumlah 5 orang warga Karang Ayar Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan.

Belum sempat membawa hasil curian, aksi mereka diketahui oleh warga yang berada di lokasi, meraka menghubungi warga yang lainya, serta kepala Desa Sidowaluyo, setelah warga kumpul motor nya di hadangkan di jalan untuk menjaga kawanan maling melarikan diri.

Sumadiyanta petani asal Sidowaluyo mengatakan, penangkapan maling ini berawal saat seorang warga Budoyo hendak mengontrol sawah nya, “tiba tiba melihat kilauan lampu ia merasa curiga, karena secara kebetulan seminggu yang lalu pernah di curi lalu di perbaiki. Nah tadi subuh ketahuan baru memotong kabel dari arah KUD ke selatan, aksinya mereka kepergok warga,” kata dia.

Dirinya menuturkan, area pesawahan itu banyak yang menggunakan setrum ada yang nginep, ngontrol, “Begitu ada melihat sorotan lampu, berhentilah warga tersebut karena merasa takut akhirnya dia menghubungi warga yang lain, dan motor di palang di jalan supaya tidak bisa keluar,” ujar nya.

“Saya rasa ini dilakukan oleh orang yang bener bener tau tentang setrum lampu, setidak nya pernah sekolah ke lima pelaku ini, karena mereka mengambil bukan yang milik perorangan, justru kabel gardu yang ada tembaga yang di ambil mereka. Saat di cek ternyata di dalam mobil para pelaku banyak kabel-kabel hasil curian mereka, tidak tau dari mana,” tambahnya.

“Di sidowaluyo sudah dua kali kejadian pertama lolos gak ada jejak, baru kejadian semalam ketauan warga yang jaga setrum dengan menangkap kawanan pencuri ini mungkin sudah bikin efek jera kawanan pencuri lain nya. Kawanan pencuri kabel sudah di amankan di Mapolsek sidomulyo,” kata dia lagi.

Sementara Kepala Desa Sidowaluyo, Haroni saat di hubungi awak media, hingga berita ini di turunkan belum memberikan keterangan tentang kejadian tersebut. (Slamet Riyadi)

 

EDITOR

Heri Suwandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.