Berikut Besaran Nominal BLT Dana Desa, Rohadian : Jangan Minta-minta Maupun Ada Pemotongan

by -1145 Views
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan Rohadian

LAMPUNG SELATAN – Tahun ini, penggunaan Dana Desa (DD) masih akan diprioritaskan untuk pemulihan klaster ekonomi. Bahkan, DD tersebut masih diprogramkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal ini berdasarkan PMK Nomor : 222/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Dana Desa, yang terbit tanggal 28 Desember 2020.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan Rohadian, berdasarkan PMK yang ada, realisasi DD salah satunya untuk program BLT. Dimana, BLT itu sendiri akan disalurkan terhitung sejak Januari-Desember atau 1 tahun penuh. Ia pun menambahkan, besaran BLT dari DD itu Rp300.000/bulan/KPM.

“Masih berlanjut. Tapi nilainya Rp300.000/bulan,” jelasnya, Selasa 5 Januari 2021.

Untuk itu, Rohadian pun memerintahkan kepada pemerintah desa untuk melakukan pemutahiran data KPM, supaya data penerima tidak tumpang tindih dengan bantuan lainnya.

“Kemungkinan masih menggunakan data BLT DD yang kemarin. Tapi kami minta dilakukan pemutahiran atau verifikasi kembali agar mereka yang menerima benar-benar mereka yang berhak bukan atas kepentingan,” tegasnya.

Ia pun kembali menegaskan agar tidak ada pihak-pihak yang berani memotong atau meminta paska BLT DD cair atau diterima oleh KPM.

“Pokoknya jangan minta-minta berapa pun itu. Kami minta peran kepala desa untuk ikut mengawasi ini dan tegas terhadap pihak-pihak yang melakukan hal itu,” kata dia.

Pihaknya pun berharap agar pencairan DD tahap pertama ini berlangsung pada Akhir Febuari.

“Untuk tahun ini polanya sama seperti tahun 2020 yakni 40-40-20. Mudah-mudah untuk tahap pertama ini dapat cair akhir Febuari, sehingga BLT DD untuk Januari dan Febuari sudah dapat dicairkan,” tandasnya.(Lx)

 

EDITOR

Heri Suwandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.