Hasil Visum Dari RSUD Bob Bazar, Untung Warga Sidowaluyo Lamsel Tewas Tersengat Listrik

by -730 Views
Anak korban

LAMPUNG SELATAN – Berdasarkan hasil Visum yang di terima dari pihak RSUD Bob Bazar Kalianda, Untung (50) warga Dusun Besuki Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan. Korban tewas positif akibat tersengat aliran listrik jebakan hama tikus, pada Senin (30/11/2020) yang di temukan sekitar pukul 17.30 Wib di area persawahan milik Ladre (55).

Keterangan tersebut di sampaikan langsung anak pertama (Almarhum) Agus irawan (32) membenarkan bahwa hasil dari visum yang di keluarkan pihak dari rumah sakit, “Positif akibat tersengat aliran listrik jebakan hama tikus, terkait ada unsur pidana nya, kami pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya semua proses hukum kepada pihak kepolisian,”Kata Agus, Selasa (1/12/2020).

Pernyataan yang sama juga di sampaikan oleh Kepala Desa Sidowaluyo Haroni, “Semalam korban langsung di bawa ke RSUD Kalianda untuk di lakukan Visum dengan hasil positif terkena sengatan aliran listrik pengusir hama tikus,”Ujar nya.

Haroni melanjutkan, pesan dari Camat Rendy Eko Supriyanto,”Nanti kita ingatkan UPT Pertanian, supaya PPL nya himbau Poktan berhati – hati menggunakan listrik untuk membasmi hama,”Paparnya.

Di tempat terpisah Kepala UPTD Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian (P3) Kecamatan Sidomulyo, Didik Deki Setiawan mengungkapkan,”Kami sudah sering menyampaikan di berbagai kesempatan tentang bahaya dan resiko jebakan listrik untuk hama tikus, karena sudah sering kejadian di berbagai daerah.Dan kami sudah minta di Kementerian agar bisa membuatkan/merancang alat yang aman buat manusia tapi murah dan efektif buat tikus,”Ungkapnya.

Sementara selaku pihak PLN Unit Sidomulyo Andi Nurdika bagian K3 menyampaikan, “Setelah ada kejadian ini kami selaku pihak PLN berencana akan mengadakan sosialisasi terkait hal tersebut, namun untuk kapan waktunya kami masih menunggu Kepala Desa nya. Kita tunggu jadwal dulu dari Kepala Desa Haroni, kapan bisanya nanti kami kabari,”Paparnya.

Terpisah, pihak Kepolisian Sektor Sidomulyo ketika di hubungi awak Media mengatakan, “Untuk keterangan lebih lanjut kami masih dalam penyelidikan sabar nya,”Jawabnya.

Diketahui diarea persawahan bola lampu masih terpasang di setiap sudut perbatasan petak sawah milik warga Sidowaluyo, seketika pada malam hari lampu-lampu tersebut akan menyala seolah memberi tanda bahwa di bawah ada jebakan aliran listrik yang menandakan warga harus berhati-hati.

Di pojokan sawah terlihat tertancap batang bambu kurang lebih 50 Centimeter di tanam, serta terlihat dibawah bambu terpasang ikatan kawat membentang disepanjang area persawahan yang terhubung dengan bola lampu yang di aliri arus listrik dari PLN. Maka tikus akan mati bila dipastikan melewati kawat tersebut akibat tersengat aliran listrik bertegangan tinggi. (Slamet) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.