Kegiatan yang Timbulkan Kerumunan dan Melanggar Prokes Akan Dibubarkan

by -400 Views
Kapolres Lampung Selatan AKBP Zaky Alkazar Nasution, foto : Lex

LAMPUNG SELATAN-Kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang dan melanggar Protokol kesehatan (Prokes), akan dilakukan tindakan tegas bahkan pembubaran terhadap kegiatan tersebut karena dianggap dapat memicu penyebaran Covid-19. Hal ini ditegaskan oleh Kapolres Lampung Selatan, AKBP Zaky Alkazar Nasution.

“Itu langkah terakhir kita. Artinya kita menghindari langkah itu. Cuma kalau memang bandel juga ya apa boleh buat, akan kita laksanakan pembubaran itu,” katanya saat diwawancarai wartawan di kantor Kejaksaan Negeri Lampung Selatan, Kamis 26 November 2020.

Ia pun sedikit bercerita soal terjadinya pembatalan sebuah kegiatan, lantaran pihak penyelenggara tidak dapat memberikan jaminan soal protokol kesehatan.

“Kita (sudah) berkoordinasi dengan satgas (Covid-19) karena tidak memenuhi protokol kesehatan dan pihak penyelenggaran juga tidak dapat menjamin protokol kesehatan, makanya kita sarankan untuk dibatalkan. Dan Alhamdulillah (kegiatan) itu dibatalkan,” kata AKBP Zaky.

Ketika ditanya bagaimana langkah Polri menindaklanjuti kegiatan seperti acara pesta/resepsi pernikahan yang pastinya dapat menimbulkan kerumunan orang banyak? Zaki menyebut, kegiatan semacam tu bisa-bisa saja dilaksanakan, dengan catatan pihak penyelenggaran dapat mengatur protokol kesehatan tentang 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker), baik untuk undangan maupun panitia.

“Intinya, kita minta masyarakat untuk tidak menyelenggarakan yang mengumpulkan masyarakat banyak karena dapat berpotensi melanggar protokol kesehatan. Kegiatan apapun itu, (kegiatan) yang mengundang orang banyak, supaya tidak diselenggarakan. Kalau untuk acara pernikahan, saya rasa bisa saja tapi undangan diatur,perjam-perjamnya, tentu dengan mengutamakan protokol kesehatan dan tidak berkerumun-kerumun,” tandasnya. (Lx)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.