Siringjaha Menjadi Desa Pamungkas Musrenbangdes

by -1134 Views
Musrenbangdes di buka dengan rangkaian persembahan Tari-tarian Muleh Bekipas dari Sanggar Jaha Budaya Desa Siringjaha, foto: Heri Indarto Koramil 421-07 Sidomulyo

LAMPUNG SELATAN – Desa Siringjaha Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, menjadi desa pamungkas dalam menggelar Musrenbangdes tentang penyusunan RKP Desa Tahun 2021-2022, Senin (26/10/2020).

Kegiatan tersebut di gelar di Aula Kantor Desa Siringjaha, tampak hadir pada acara tersebut, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto beserta Sekcam Erman Suheri, anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) 421-07/Sidomulyo Serda Heri Indarto.

Para KUPT se-Kecamatan Sidomulyo,
Kepala Desa SiringJaha Rusli, Korcam Pendamping Desa Kecamatan Sidomulyo, Syaefudin dan Pendamping Desa, Rasiman, ketua BPD Esti Widodo, Ketua LPM, Ketua Bumdes, Ketua Karang Taruna, Bidan Desa Hasanah Dewi.

Ketua Gapoktan dan Poktan se-Desa Siringjaha, para aparatur Desa, Tokoh Masyarakat, Adat, Agama, Pemuda serta perwakilan masyarakat Desa Siringjaha.

Rangakaian Musrenbangdes di buka dengan rangkaian persembahan Tari-tarian Muleh Bekipas dari Sanggar Jaha Budaya Desa Siringjaha, dengan tujuan tarian tersebut menyambut kedatangan tamu dari luar daerah dan ‘Ayo Pulang Kampung Bangun Desa’.

Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto menyampaikan, dalam Musrenbang Desa Siringjaha ada tiga pembahasan agenda pokok yakni, pembahasan dan penyepakatan rancangan rencana kerja pemerintah desa tahun 2021, pembahasan dan penyepakatan daftar prioritas usulan kegiatan pembangunan desa tahun 2022 yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan Tahun 2021.

“Menentukan dan penetapan tim Delegasi desa untuk Musrenbang Kecamatan Tahun 2021, yang terdiri dari 3 orang,”Ujarnya.

Dirinya menambahkan, Musrenbangdes untuk menentukan prioritas kegiatan serta pembahasan tentang menetapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk Tahun 2021, serta membahas tentang Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU RKP) yang nanti nya akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan.

Kepala Desa Siringjaha, Rusli mengatakan, terima kasih atas kehadiran tim Musrenbang Desa tahun 2021, mewakili, Babinsa, Muspika, atau Perangkat Desa, Ketua RT.RW, BPD, LPM, Kader Desa, dan Tokoh Masyarakat.

“Musrenbang Desa tahun 2021 ini untuk menampung segala usulan yang di musyawarahkan di tingkat dusun untuk Penyusunan Rencana Pembangunan (RKP) Desa, anggaran tahun 2021-2022 yang di danai APBDes,” Tuturnya.

Lebih lanjut lanjut Rusli mengatakan, untuk tahun 2021 hingga tahun 2022, tetap memprioritaskan beberapa pembangunan yang masih tertunda akibat dampak pandemi ini.

“Pembangunan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dan Dusun 1 Posyandu, untuk Dusun 2 Sarana olah raga juga Dusun 2 cor beton 340 meter ini usulan tahun kemaren. Sementara untuk APBD kami masih terfokus pada pembangunan jalan Hotmit penghubung antar Desa Siringjaha dan Desa Banjarsuri,” Tambahnya.

Dia berharap dana desa tetap turun dan besarnya tetap sama dengan tahun kemaren, serta wabah covid 19 ini secepatnya berlalu. (Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.