Sosialisasi New Normal dan P2K2 di Merbau Mataram, Salasi Canangkan ke KPM Pegang KKS Sendiri

by -213 views
Sosialisasi new normal sekaligus dibukanya kembali kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Kecamatan Merbau Mataram, foto : Salasi.

LAMPUNG SELATAN – Kordinator PKH Lampung Selatan (Lamsel) 2, Salasi canangkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Pegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Sendiri. Hal ini disampaikan dalam sosialisasi new normal sekaligus dibukanya kembali kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Kecamatan Merbau Mataram, Rabu 26 Agustus 2020.

Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Lampung selatan laksanakan sosialisasi new normal. Kegiatan dilaksanakan di Desa Triharjo Kecamatan Merbau Mataram, dihadiri oleh Kepala Desa Triharjo Bapak Santoso dan seluruh pendamping PKH kecamatan Merbau Mataram dan ratusan KPM PKH setempat.

Disamping menyampaikan tentang konsep dan pola kehidupan baru di era covid 19 dengan memperhatikan protokol kesehatan diadakan juga pencanangan gerakan pegang KKS sendiri.

“Saya minta kepada seluruh KPM untuk pegang KKS sendiri jangan lagi ada yang dititipkan kepada siapapun, baik itu pendamping, ketua kelompok atau yang lain dan saya minta kepada seluruh Pendamping PKH di lapangan untuk memastikan KKS benar-benar bisa dipegang sendiri oleh KPM PKH hal ini untuk mengurangi resiko penyalahgunaan,” ungkapnya.

Selain itu, Gerakan KPM Pegang KKS Sendiri dimaksudkan agar KPM mandiri tidak bergantung kepada orang lain dalam pengambilan bantuan sosial tunai serta meningkatkan kesadaran dan kemauan KPM untuk berlatih bertransaksi menggunakan mesin ATM, ini sekaligus minimalisir terjadinya resiko uang KPM PKH hilang, filosofi bansos PKH tunai ini adalah agar bantuan bisa langsung diterima KPM, tampa perantara tapi langsung ditransfer ke rekening para KPM.

“Tidak ada alasan apapun, masak iya sudah jadi peserta PKH dah lama ada yang sudah 5 tahun masak belum bisa transaksi sendiri,” tukasnya.

“Jadi Haram hukumnya teman-teman pendamping itu menyimpan ATM atau KKS nya penerima PKH Misalnya, dari ketua kelompok atau bahkan dari teman-teman pendamping sendiri, kalau ada KPM PKH yang sudah Lansia biarkan KPM itu mengambil PKH-nya sendiri, mengambil di mana terserah, mereka bisa minta bantuan kepada anak, cucu atau saudara nya,” Jelasnya.

(As) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.