Aktivitas Awal Masuk Sekolah di Tengah Pandemi Covid-19

by -248 views
Masuk sekolah di tengah pandemi Covid-19. Foto : Slamet

LAMPUNG SELATAN  – Aktivitas Sekolah untuk pertama kalinya guru bertatap muka dengan siswa-siswi nya, di tingkat SD, SMP dimulai Senin 13 Juli 2020. Sejumlah orang tua pun mengawal kelancaran dan keamanan Hari Pertama Sekolah atau belajar di tengah pandemi Covid-19.

Berbeda pada tahun sebelumnya masuk pertama kali anak-anak masuk sekolah harus mengenakan masker di cek suhu badan serta uniknya meskipun sudah masuk kelas 1 SD berpakaian layaknya anak TK.

Di ketahui juga masa pandemi covid-19 untuk SD dan SMP pada umumnya ada mengalami peningkatan murid baru meskipun saat kami mencoba mendatangi beberapa sekolahan ada yang mengalami penurunan.

Sepertinya yang terjadi di SD Negeri 1 Sidorejo, Sumadiyata selaku Kepala Sekolah mengatakan untuk tahun ajaran baru kali kami ada penurunan meski tidak terlalu banyak, kali ini 68 murid pada tahun kemarin 74 murid, bisa di bagi tiga kelas.

“Kegiatannya sesuai anjuran, kami data dan wali kelas memperkenalkan diri kepada anak dan orang tua serta membentukan paguyuban kelas, meminta nomor hp Orang tua murid. Selanjutnya anak boleh pulang, mekanime belajar tetap dilakukan melalui via Daring (online),” kata Sumadiyata selaku Kepala Sekolah SDN 1 Sidorejo sekaligus Ketua K3S Kecamatan Sidomulyo, Selasa (14/7/2020)

“Bisa juga nanti guru ini mendatangi langsung rumah dan murid juga bisa mendatangi sekolah apabila nantinya ada gendala, karena para guru nanti akan stanby di sekolah masing-masing,”ujarnya.

Hal yang sama di alami SD Negeri 1 Sidomulyo, Kepala sekolah Sukamso menyampaikan, sekolah kami tahun ini mendapatkan murid 28 anak, ada penurunan di banding tahun kemarin 42 murid.

“Meskipun begitu kami tetap bersukur, ya tugas pertama masuk sama mungkin dengan sekolah yang lain nya. Namun setelah pengenalan antara guru dengan murid di lanjut kan dengan pembagian Buku pelajaran serta apa saja yang menjadi kewajiban nya yaitu masalah seragam baju batik sekolah yang mesti di beli. Namun untuk seragam olahraga kami tidak beli, kami gratiskan,”ungkapnya.

Berbeda dengan SMP Negeri yang ada di wilayah Kecamatan Sidomulyo pada umumnya mereka mengalami peningkatan seperti yang terjadi di SMP Negeri 3 Sidomulyo juga SMP Negeri 2 Sidomulyo kedua Kepala sekolah tersebut mengatakan. “Tahun ini kami ada 95 murid di banding sebelum nya 76. Alhamdulillah para orang tua masih mempecayakan pada sekolahan kami,” ungkap Yuni Fitri Yanti kepala sekolah SMP Negeri 3 Sidomulyo.

Hal serupa yang terjadi di SMP Negri 2 Sidomulyo Nur Aini selaku kepala Sekolah mengatakan melalui pesan singkat nya, “Alhamdulliah untuk Sekolah di tempat kami cukup 5 kelas,”tukasnya.

Ditempat yang berada kepala Koordinator Wilayah (Korwil) V Sapta Ningsih menyampaikan, Rata-rata di sekolah ada penambahan jumlah siswa, sesuai jumlah usia siswa sekolah,”pungkasnya.

(Slamet) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.