Memasuki KBM di Masa Pandemi Covid-19, Tetap Melaksanakan Protokol Kesehatan dan Melalui Via Daring

by -291 views

LAMPUNG SELATANDimasa pandemi Covid-19 dan menuju era new normal, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran baru untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di satuan pendidikan Kecamatan Sidomulyo dan Candipuro, Lampung Selatan yang akan berlangsung pada Senin 13 Juli 2020 dilaksanakan dengan mengikuti arahan protokol kesehatan dan dalam via Daring (online).

Diketahui, ketetapan kegiatan belajar itu dikeluarkan sesuai jadwal resmi kalender pendidikan tahun ajaran baru 2020/2021, yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta di keluarkannya surat edaran Bupati Lampung Selatan Nomor : 03 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021.

Sapta Ningsih, Kordinator Wilayah (Korwil) V Satuan Pendidikan Kecamatan Sidomulyo dan Candipuro.

“Ya pada Senin besok itu awal tahun ajaran baru dimulai, tapi hanya untuk siswa baru saja yang datang dan itupun dijadwal sesuai dengan protokol kesehatan. Selanjutnya, kegiatan belajar dilakukan melalui via Daring (online),” kata Sapta Ningsih, Kordinator Wilayah (Korwil) V Satuan Pendidikan Kecamatan Sidomulyo dan Candipuro kepada lampungterkini.com, Sabtu (11/7/2020)

Sapta mengatakan, selaku pengawas pihaknya telah di informasikan bahwa di setiap sekolah binaan pada tanggal 13 juli 2020 siswa/i baru untuk kelas 1 SD dan kelas 7 untuk tingkat SMP, orang tua wali murid dipersilakan datang ke Sekolah dan bisa membawa anaknya. Akan tetapi, harus mengikuti arahan protokol kesehatan dalam kegiatan belajar tahun pelajaran baru tersebut.

“Dalam kegiatan awal sekolah itu, wali kelas memperkenalkan diri kepada anak dan orang tua dengan mengikuti protokol kesehatan. Lalu membentuk paguyuban kelas,  dan meminta nomor ponsel aktif dari orang tua murid,”ungkapnya.

Selanjutnya, kata Sapta, pada  tanggal 14 hinga 31 Juli 2010, anakmelakukan kegiatan belajar dirumah melalui daring sampai tanggal  1 Agustus 2020. Anak sekokah mulai masuk itu pun, apabila tidak ada perubahan atau adanya surat edaran.

“Kegiatan mengumpulkan banyak orang seperti kegiatan KBM sekolah, masih belum bisa dilakukan di masa pendemi Covid-19 menuju era new normal karena mengingat wabah virus Corona ini masih mengkhawatirkan,”jelasnya. (Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.