Obat Korona Mio Kopi Milik Nyoman Gagal Uji Laboratorium BPOM

by -689 Views
Tak Bersedia Ikuti Proses Pengujian, Obat Korona Mio Kopi Milik Nyoman Gagal Uji Laboratorium BPOM

LAMPUNG SELATAN – Maraknya kasus virus korona (Covid-19) membuat orang berlomba-lomba membuat obat penangkal penyakit yang disebabkan oleh coronavirus ini.

Sebab hingga saat ini, belum ada pengobatan atau vaksin yang terbukti bisa menghentikan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Tetapi, belum lama ini seorang warga Lampung Selatan, Nyoman Subamio (54) mengklaim telah menemukan ramuan bernama Mio Kopi yang mampu menyembuhkan pasien Covid-19.

Berbagai cara pun dilakukan warga asal Desa Bangun Rejo RT 005 RW 002, Kecamatan Ketapang ini, untuk membuktikan Mio Kopiramuannya memang berkhasiat menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19. Termasuk mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Nyoman Subamio juga telah berusaha menemui pihak-pihak berwenang di Provinsi Lampung. Tujuannya sama, namun usahanya tidak mendapat respons.

Setelah sempat viral dan menjadi buah bibir masyarakat, usaha Nyoman Subamio pun menemui titik terang. Itu setelah dirinya diundang oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto ke kantor bupati setempat, pada Senin, 8 Juni 2020 kemarin.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat menerima Nyoman Subamio pencipta ramuan herbal Mio Kopi, di ruang kerjanya, Senin, 8 Juni 2020 kemarin.

Dalam pertemuan itu, Bupati Lampung Selatan bersama Kapolres AKBP Eddie Purnomo dan Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinson Oktovianus Bessie bersedia memfasilitasi agar ramuan Mio Kopi dapat diuji laboratorium oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lampung.

Nyoman Subamio pun memberikan satu botol (berukuran satu liter) Mio Kopi ramuannya untuk diteliti dan diuji laboratorium oleh BPOM melalui Dinas Kesehatan setempat.

Namun setelah difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Nyoman Subamio tidak bersedia mengikuti tahapan proses pengujian yang akan dilakukan BPOM.

Seperti peninjauan tempat produksi, pengecekan dan uji laboratorium bahan-bahan baku untuk membuat ramuan herbal Mio Kopitersebut.

Hal itu terungkap setelah Nyoman Subamio kembali menyambangi Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, pada Kamis (11/6/2020). Dihadapan Bupati H. Nanang Ermanto, Nyoman Subamio menyatakan tidak bersedia mengikuti tahapan proses pengujian BPOM.

Dengan ini saya menyatakan kepada Pemda Lampung Selatan, bahwa saya mengucapkan terima kasih pada Pemda Lampung Selatan yang sudah memfasilitasi persoalan saya mengenai obat Covid-19. Dengan ini menyatakan bahwa saya tidak memenuhi persyaratan pengujian obat corona yang saya kembangkan, yaitu peninjauan langsung tempat produksi serta tidak bersedia untuk dilakukan uji laboratorium terhadap bahan-bahan obat tersebut oleh Badan POM Bandar Lampung,” tulis Nyoman Subamio dalam surat peryataan bermaterai 6.000.

Sementara, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengungkapkan telah memfasilitasi untuk menyelesaikan persoalan Nyoman Subamio. Nanang juga menyatakan sangat mengapresiasi inovasi obat herbal Mio Kopi milik warga kelahiran Kota Metro itu.

“Jadi bukan pemerintah daerah tidak memfasilitasi, ini sudah menjadi keputusan Pak Nyoman sendiri. Kita sudah sama-sama mendengar, Pak Nyoman tidak mau dilakukan penelitian secara langsung. Ini mekanisme yang harus diikuti sesuai kententuan BPOM,” ujar Nanang.

Meski demikian, Nanang mengatakan akan terus mendukung setiap karya atau inovasi warganya. Terlebih temuan itu bisa bermanfaat bagi orang banyak. “Mudah-mudahan Pak Nyoman bisa berhasil dilain kesempatan,” ucap Nanang.

(az)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.