Pemkab Lamsel Gelar Rakor Persiapan dan Sosialisasi Penerapan New Normal di Sidomulyo

by -182 views
Pemkab Lamsel Gelar Rakor dan Sosialisasi Penerapan New Normal

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) melalui Satuan Gugus Tugas Covid-19 Tim III yang dipimpin Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Burhanuddin, melakukan Rapat Koordinasi Persiapan sekaligus mensosialisasikan tentang penerapan New Normal dampak covid-19 yang di gelar di aula Puskesmas Rawat Inap (PRI) Sidomulyo.

Hadir dalam acara tersebut Camat Sidomulyo Rendy Eko Suprayitno, Para Kepala KUPT setempat, Danramil 421-07/Sidomulyo Kapten Inf Paino, Kapolsek Sidomulyo Iptu Hengky Darmawan, para Kepala desa, Kepala Korwil TK, SD, SMP tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pelaku Dunia Usaha, Jumat (5/6/2020).

Staf Ahli Bidang Ekobang, Burhanuddin selaku koordinator tim mengatakan, Perlu kita ketahui bahwa covid -19 pandemi tidak hanya melanda indonesia saja namun seluruh dunia, dan dampak nya sangat luar biasa tidak hanya kesehatan akan tetapi sosial dan ekonomi pun terkena dampak nya.

“Bagai mana kita ketahui bahwa ekonomi pada saat ini sangat menurun artinya aktifitas masyarakat berkurang dengan dampak yang ditimbulkan covid-19 ini. Pemerintah pada saat ini akan berusaha agar kesehatan, ekonomi rakyat kecil kemudian sosial tetap berjalan, maka pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan yang istilah baru adalah New Normal. Kenapa, karena inilah yang sedang kita sikapi agar nantinya masyarakat bisa melaksanakan aktifitas seperti biasanya, tetapi harus mengikuti pola protokol kesehatan covid-19,”paparnya.

“Di daerah kita selatan belum bisa new normal kenapa karena yang terkena masih lebih besar. New normal akan ditetapkan apabila didaerah nya sudah di nyatakan zona hijau tetapi kita sudah mempersiapkan seandainya kita sudah di tetapkan tahap new normal maka masyarakat akan sudah terbiasa,”imbuhnya.

Lebih lanjut Burhanuddin mengatakan, Pakai masker kalau keluar rumah,cuci tangan terapkan pola hidup bersih dan sehat dan kalau mau masuk mana saja melalui terapi tes dan selalu mengikuti protokol kesehatan dengan jaga jarak hindari kerumunan, nah inilah yang kita harapkan merubah tatanan baru tentang new normal ini.

“Nanti kalau daerah kita sudah di nyatakan normal aktifitas akan seperti biasa, tetapi harus mengikuti arahan protokol kesehatan dan itu akan kita tekankan kepada masyarakat sehingga akan terasa. Apabila masih membandel juga maka kita kenakan sangsi karena di situ sudah ada Perda nya tentang Perbub yang mengatur tentang sangsinya kedepannya kalau sudah di nyatakan zona hijau dan kita akan monitor masyarakat edukasi kepada masyarakat,”lanjutnya.

“Akan kita pantau seperti di Perbankan atau di indomaret sebelum orang belanja tembak dulu berapa suhunya kalau semuanya kurang sehat, maka kita upayakan bagaimana mengatasi, artinya aman kan dulu. Jadi sekarang kebijakan ini masih tahap persiapan,”tutupnya.

Acara di teruskan dengan pembagian masker kepada para pengguna jalan, para pedagang dan pembeli di wilayah pasar Sidomulyo.

(Met)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.