PLN ULP Sidomulyo: Listrik Padam, Adanya Perbaikan Pengoperasian Jaringan Baru

by -917 Views
Petugas PLN ULP Sidomulyo saat sedang melakukan perbaikan pengoperasian jaringan baru dan pemeliharaan jaringan kelistrikan di Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan. (foto: Ist)

LAMPUNG SELATAN–PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sidomulyo, menjelaskan penyebab padamnya listrik di wilayah Kecamatan Sidomulyo seperti yang dikeluhkan warga Desa Suak, pada Selasa (21/4/2020) kemarin. Padamnya listrik tersebut, karena adanya perbaikan pengoperasian jaringan baru dan pemeliharaan jaringan kelistrikan di wilayah Kecamatan Sidomulyo.

Menanggapi keluhan warga terkait padamnya listrik yang terjadi beberapa hari belakangan ini di wilayah Kecamatan Sidomulyo. Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sidomulyo, Adika Abibowo mengatakan, pemadaman listrik tersebut, disebabkan karena adanya perbaikan pengoperasian jaringan baru dan juga pemeliharaan jaringan kelistrikan.

“Pengoperasian jaringan baru ini, yakni untuk memecah beban daya atau penyulang pilot yang di suplai jaringan lama dari Gardu Induk (GI) Tarahan menuju ke wilayah Sidomulyo dan dipindahkan ke suplai jaringan tegangan ke GI Kalianda, hal ini agar bebannya ringan dan tegangan di pelanggan agar lebih bagus lagi,”ujarnya kepada lampungterkini.com, Rabu (22/4/2020).

Karena itu, kata Adika, diperlukan pemadaman sementara dari Gardu Induk (GI) yang disuplai dari Tarahan mulai pukul 13.30 WIB hingga 18.35 WIB. Adapun daerah pemadaman tersebut, meliputi wilayah kerja PLN ULP Sidomulyo seperti Desa Campang Tiga, Sukabanjar, Kota Dalam dan Desa Suak yang listriknya di suplai dari GI Tarahan.

“Hal ini dilakukan, agar pekerjaan perbaikan pengoperasian jaringan baru dan pemeliharaan jaringan kelistrikan dapat dilakukan dengan cepat dan tentunya juga aman untuk petugas,”ungkapnya. Hal senada juga dikatakan oleh SPV Tehnik Sidomulyo, Muhtadi Efendi.

Petugas PLN ULP Sidomulyo melakukan pemangkasan pohon di Jalinsum Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan saat perbaikan pengoperasian jaringan baru dan pemeliharaan jaringan kelistrikan. (foto: Ist)

Pada proses pengerjaannya, lanjut Andika, pihaknya menerjunkan 20 orang petugas PLN yang dibagi menjadi tujuh tim. Para petugas tersebut, melakukan pemasangan recloser, penyikuan jaringan baru, pemangkasan pohon dan pemangkasan tanam tubuh.

“Atas nama manajemen PLN ULP Sidomulyo, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan karena terjadi pemadaman listrik ditengah pandemic virus Corona atau Covid-19 yang mana masyarakat diimbau untuk tetap dirumah. Petugas sudah berupaya semaksimal mungkin, alhamdulilah pekerjaan tersebut berjalan tanpa hambatan dan sudah selesai sesuai jadwal,”pungkasnya.

Diketahui, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung melakukan pemeliharaan jaringan rutin untuk memastikan ketersiadaan daya listrik dan keandalan jaringgan listrik di Lampung tetap terjaga. Terkait hal itu,  PLN UID Lampung masih akan melakukan pemadaman listrik secara bergilir hingga 21 April 2020 di seluruh wilayah Lampung.

Pemadaman bergilir ini sudah dimulai sejak 15 April 2020 lalu, banyak warga Lampung yang tidak tahu bahwa di wilayahnya ada jadwal pemadaman listrik. Banyak warga protes lewat media sosial, tetapi tidak ada tanggapan dari PLN.

PLN sebenarnya mengumumkan pemadaman listrik ini melalui media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram). Pengumuman pemadaman disertai catatan “jadwal sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kondisi lapangan”.

Berikut ini jadwal pemeliharaan jaringan listrik PLN yang akan dilakukan oleh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjung Karang, UP3 Metro dan UP3 Kotabumi pada 20 April hingga 21 April 2020. (Met/Z4s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.