Dede Minta Pemda Lamsel Realisasikan Satu Desa Satu Ambulans

by -761 Views
Dede Suhendar Anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PKS

LAMPUNG SELATAN – Menindak lanjuti Permendes PDTT No 11 Tahun 2019, tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa tahun 2020 yang di atur Kementerian Desa Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.

Dalam Permendes PDTT No 11 Tahun 2019, telah tertuang peningkatan Kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana kesehatan, antara lain: Air bersih berskala desa , jambanisasi, mandi, cuci, kakus (MCK), mobil/kapal motor Ambulance Desa dll.

Dalam mendorong peningkatan pelayanan fasilitas kesehatan untuk masyarakat perlu nya pengadaan mobil ambulans desa, “Ketika rapat pansus membahas LKPJ Bupati, saya melihat perlu dicantumkan nomenklatur pengadaan ambulans desa,” kata Dede Suhendar Kamis 2/4/2020.

Guna meningkatan kualitas dan akses pelayanan sosial dasar bagi masyarakat, Dede Suhendar minta Pemda Lamsel mewujudkan satu desa satu Ambulans, berdasarkan pertimbangan untuk kondisi darurat seperti melahirkan, kecelakaan dan pasien yang harus dirujuk ke puskesmas atau RSUD, tidak lagi mengalami kesulitan.

Keberadaan mobil ambulans di setiap desa itu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama desa yang jauh dari ibukota, kecamatan dan ibukota kabupaten. Untuk itu pentingnya program satu ambulan satu desa.

” Arahan dari pemerintah pusat, tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Pada Pasal 5 dan Pasal 6  telah tertuang penggunaan Dana Desa diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa dalam peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa dalam upaya memenuhi kebutuhan, kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai salah satu Anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PKS yang juga menjadi Anggota Pansus LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun 2019 mengatakan, bahwa salah satu bentuk peningkatan fasilitas kesehatan untuk masyarakat adalah pengadaan ambulans,

” Untuk itu saya berkomitmen akan mengawal rekomendasi terus sampai tahap realisasi sampai terwujud nya Program Satu Desa Satu Ambulans, mobil Ambulans sangat di butuhkan masyarakat,” tukasnya. (Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.