Rumah Ambruk Dihantam Hujan Deras Di Sukamaju

by -266 views
Lokasi rumah yang ambruk di hantam hujan deras di desa sukamaju

LAMPUNG SELATAN–Kondisi bangunan rumah yang diduga sudah tua dan terbuat dari bahan kayu, membuat rumah milik Darmawan (36) warga dusun 5 Sukamandi Desa Sukamaju Kecamatan sidomulyo, Lampung Selatan. Ambruk di hajar hujan deras dan angin, Selasa (18/2/2020), sekitar pukul 13.00 WIB.

Darmawan yang keseharian sebagai pekerjaan buruh lepas, rumah nya roboh di hantam hujan lebat di sertai angin, beruntung saat kejadian (Mawan panggilan nya. Red) sedang tidak ada ditempat, sedang membawa anak bayi nya keluar, namun istri anak dan kerabatnya masih ada di dalam rumah tersebut.

Puing-puing rumah yang ambruk

“Mendengar ada suara gemuruh didalam rumah sepontan yang ada di dalam rumah lari berhamburan. Beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa, namun prabotan keluarga tak bisa diselamatkan,” ujar Aceng pemilik rumah yang di tempati Darmawan.

“Memang bangunan ini sudah lama, terhitung sudah 14 tahun berdiri, dan pada saat saya mendirikan rumah kondisi kayunya terbilang kurang tua pada saat menggunakan nya, alhasil bangunan tersebut tak mampu bertahan lama,bangunan lapuk di tambah lagi tadi hujan disertai angin walaupun sebentar, tapi mungkin juga salah satu penyebabnya ambruk nya rumah,” imbuhnya.

“Setelah saya mampu membuat rumah yang terbuat dari batu bata, saya pindah tempati rumah yang baru, namun melihat Darmawan ini belum mempuyai rumah sendiri dan saya lihat sudah mempuyai anak juga, karena saya iba, rumah tersebut saya suruh Darmawan menempati nya,” tambahnya.

Sementara Kepala Desa Sukamaju Absorihin mengatakan,”Ya benar ada salah satu rumah warga kami mengalami roboh, rumah nya rata dengan tanah, kondisi bangunan yang sudah tua dan terbuat dari bahan kayu dan di perkirakan sudah lapuk membuat rumah tersebut roboh,”kata dia.

“Rumah itu sebetulnya milik bapak Aceng, namun dia sudah mampu membuat rumah sendiri yang terbuat dari batu bata akhirnya di tempati dengan Darmawan, dan di huni 4 orang, Darmawan, Istri dan 2 Anak nya. Bersyukur pada saat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, walaupun pada saat kejadian di dalam rumah itu 5 orang, karena pas kejadian terjadi, ada kerabatnya sedang berkunjung di kediaman nya Darmawan,” ungkapnya.

“Untuk saat ini, akibat musibah ini kerugian di perkiraan berkisar Rp 25 jutaan, langkah awal yang akan kami lakukan selaku Kepala Desa. Sementara, akan mengajak warga khususnya aparat desa bergotong-royong membantu korban untuk membangun kembali rumah tersebut. Dan akan kita ada kan bantuan sosial dari aparatur desa, bantuan seikhlasnya yang utama berupa sembako dan insyaallah sedikit biaya untuk sehari-hari nya juga,” imbuhnya.

“Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada warga, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto, Bhabinkamtibnas Polsek Sidomulyo Brigpol Dwi Suwandi, dan para aparatur Kecamatan dan desa yang telah sigap mendengar informasi rumah roboh langsung datang ke tempat lokasi kejadian dan membantu korban,”ujar Absorihim Kepala Desa Sukamaju. (Slamet Riyadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.