Kecamatan Ketapang Dapatkan Kucuran Dana Pembangunan Rp54 Miliar

by -802 Views
Dalam kegiatan Musrebang, Nanang Ermanto juga membagikan bantuan alat mesin pertanian dan paket sarana produksi tembakau kepada masyarakat

KETAPANG – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ketapang di Lapangan Desa Pematang Pasir, Jumat (14/2/2020).

Berdasarkan data Bappeda setempat, di kecamatan yang memilik 17 desa itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelontarkan anggaran pembangunan sebesar Rp.54.103.595.826 untuk tahun 2020.

Anggaran itu terdiri dari dana pembangunan sebesar Rp.22.162.671.301 dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sebesar Rp.31.940.924.526. Anggaran pembangunan tersebut meningkat sekitar 21,54 persen dari tahun 2019.

Dalam arahannya, Nanang Ermanto mengatakan, dengan adanya ADD dan DD yang diberikan pemerintah pusat dan maupun pemerintah daerah kepada setiap desa, dirasakan sangat membantu masyarakat untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang ada di desa.

Oleh karena itu, dirinya berharap, dengan meningkatnya ADD dan DD termasuk meningkatnya pendapatan atau tunjangan bagi aparatur desa, harus diimbangi dengan kinerja dan meningkatnya pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah anggaran di Kecamatan Ketapang naik sekitar 21 persen lebih. Ini sebagai upaya kami untuk terus meningkatkan pembangunan di segala bidang. Saya minta kinerja aparatur desa juga harus dtingkatkan,” ujar Nanang.

Dalam kegiatan Musrebang itu, Nanang Ermanto juga membagikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan paket sarana produksi tembakau kepada masyarakat.

Bantuan yang diberikan yakni, mesin pompa air untuk kelompok tani (Poktan) Jaya Tani Pematang Pasir, Poktan Tunas Jaya 3 Desa Ruguk, Poktan Lebak Maju 2 Desa Ruguk, Poktan Ngudi Makaryo 3 Desa Kemukus dan Poktan Sidomakmur Desa Way Sidomukti.

Lalu bantuan hand spayer diberikan kepada Poktan Rukun. Dan bantuan 1 paket sarana produksi likuiditas tembakau kepada Poktan Sidomakmur Desa Way Sidomukti.

Selain itu, Nanang juga memberikan bantuan kendaraan dinas roda dua bagi pengelola kesehatan imunisasi UPT Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang serta penyuluh lapangan keluarga berencana Kecamatan Ketapang. (Heri-Kmf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.