Puluhan Rumah Dan Tambak Di Sragi Terendam Banjir

by -827 Views
Banjir di Kecamatan Sragi

LAMPUNG SELATAN—Banjir Merendam puluhan rumah dan tambak didusun umbul besar Desa Bandar Agung Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan, akibatnya permukiman warga di genangi air dengan ketinggian sekitar 30 hingga 50 cm, Sabtu 1 Februari 2020 sekitar sekitar pukul 05.30 WIB.

Terjadinya banjir dikarenakan meluapnya sungai way sekampung akibat curah hujan yang cukup tinggi yang mengguyur sejak rabu tanggal 29 Januari 2020, hampir secara merata dibeberapa wilayah.

Dampak banjir

“Derasnya guyuran hujan yang terjadi pada jum’at hingga sabtu malam sehingga kondisi air banjir semua mengalir ke sungai way sekampung yang mengalir kelaut sehingga mengakibatkan meluap sungai way sekampung yang mengalir kelaut sehingga mengakibatkan meluap sungai way sekampung dan pada akhirnya masuk ke pemukiman penduduk ,” kata Depli

Menurut nya sejak Jum’at kemarin air perlahan sudah mulai naik kepermukaan pemukiman warga namun kondisinya masih kecil rendah dan pada hari sabtu tanggal 01 februari 2020 sekitar pukul 05.30 wib air mulai membesar.

Dampak banjir

Banjir juga sering merendam pemukiman warga didusun umbul besar desa Bandar Agung Kecamatan Sragi terjadi hampir setiap tahun pada waktu masuk musim penghujan, dikarenakan desa Bandar Agung merupakan hilir sungai way sekampung.

Terbentang pula dari hulu sungai Kabupaten tanggamus juga dilalui beberapa kabupaten lain Pringsewu , pesawaran , Lampung Timur dan Lampung Selatan, yang dialiri tumpahan air hujan sehingga terjadi peluapan air disungai way sekampung.

Air genangi rumah warga

Sementara Sekretaris BPBD Lamsel Afendi menyampaikan, di perkirakan ada sekitar 40 rumah, dan tambak kurang lebih 20 Hektar terendam banjir. Sementara aktifitas warga sedikit terganggu dikerenakan akses jalan menuju lokasi terendam namun aktifitas warga secara umum berjalan masih normal.

Sedangkan sejumlah warga ada dalam pengungsi di evakuasi di sekolah MI Umbul Besar , sementara berkisar 30 orang, terdiri dari Balita 4 orang, Ibu hamil 3 orang, Lansia 23 orang.

Diperkirakan pula banjir masih akan terus mengalami peningkatan karena kiriman air banjir dari atas masih cukup besar mengalir, sementara dalam banjir untuk kerugian korban jiwa masih nihil.

Sementara untuk situasi aman terkendali. Namun warga setempat masih berjaga – jaga dan waspada bila kondisi banjir mengalami peningkatan. (met)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.