Anggota DPRD dan Aparatur Kecamatan Sidomulyo Gotong-royong Bersihkan Penyebab Banjir, dan Himbau Masyarakat Tidak Buang Sampah Sembarangan

by -850 Views
Membersihkan tumpukan sampah penyebab banjir di Sidomulyo

LAMPUNG SELATAN – Sangat di perlukan Kepedulian Masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang di sepanjang bantaran sungai way kalang, sehingga ketika musim hujan datang berbagai saluran serta sungai tidak tersumbat.

Salah satu faktor penyebab terjadinya banjir yang menenggelamkan puluhan rumah yang berada di Perumahan Perum Sidomulyo Asri Dusun Sidosari Desa Sidomulyo Kacamatan Sidomulyo, yakni gorong-gorong yang berada diatas saluran irigrasi tersebut tersumbat dengan berbagai sampah yang berasal dari bantaran sungai way kalikalang.

Kiri, Anggota DPRD Provinsi Antoni Imam SE, kanan Kades Sidomulyo Misiran Sanjaya

Hal tersebut di sampikan oleh Anggota DPRD Provinsi Antoni Imam SE, Politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan, Langkah dan upaya Sementara yang kami lakukansementara adalah mengeruk sampah-sampah dengan menggunakan alat berat Excavator untuk mengeruk sampah yang menyumbat aliran air yang berada di gorong-gorong tersebut, Rabu (1/1/2020).

Antoni Imam, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto

Dengan di bantu warga bergotong royong, Camat Sidomulyo Rendy Eko Supriyanto, Anggota DPRD Agus Sartono, BPBD Lamsel Afendi, Kades Sidomulyo Misiran Sanjaya, Babinsa, Kadus bersama-sama membersihkan sampah-sampah tersebut.

“Karena saya melihat foktor pertama meluapnya air karena bayak nya tumpukan sampah sehingga aliran air dari atas way kalang tidak lancar. Sehingga kedepannya akan kami kordinasikan dengan Pemprov Provinsi agar saluran air yang kecil di gantikan dengan diameter yang besar, sedangkan untuk pengerjaan nya mengikuti mekanisme yang ada,”ungkapnya.

“Dan nantinya kami menghimbau kepada masyarakat agar dengan penuh kesadaran agar sekiranya tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, karena saya melihat berbagai sampah penyumbat aliran,”imbuh Antoni Imam.

Kepala Desa Sidomulyo Misiran Sanjaya menyampaikan, “Kendala saat ini adalah terhambatnya aliran air dari atas sungai way kalang, dengan tumpukan berbagai sampah di gorong-gorong yang berada di atas irigrasi, sehingga meluaplah air sungai tersebut sampai ke perumahan Sidomulyo Asri sampai ketinggian satu meter setengah. Sehingga para warga yang merasa kebanjiran sebagian pada mengungi, karena rumah yang mereka tempati pada saat ini penuh dengan genangan air,”kata dia.

“Upaya kami selaku pemerintah desa, membantu pada warga yang terdampak banjir, karena kami sendiri bisa menghitung mereka tinggali di perumahan tersebut sebayak 25 KK, sementara ini tinggal 15 yang masih menetap, besar harapan kami kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke bantaran air sungai, agar tidak menyumbat gorong-gorong dan yang lain nya. Ini kejadian yang kedua kalinya, jadi para masyarakat selalu sudah siap siaga,jadi barang barang berharga mereka bisa di selamatkan hanya ada beberapa yang terendam saja,”beber Kades Sidomulyo. (Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.