Gubernur Sumsel : Kyai Oedin Sosok Inspiratif dan Tokoh Dikagumi

by -765 Views

PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP merupakan tokoh dikagumi banyak orang dan sosok inspiratif dengan pola kepemimpinannya.

” Kyai Oedin sosok yang dikagumi di Lampung, dan diakui di Palembang,” kata Herman Deru, saat menerima Duta Besar Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP di Griya Agung, rumah dinas gubernur, di Palembang, Selasa (3/12/19) malam.

Saat ini dirinya mencontoh pola kepemimpinan Sjachroedin saat menjabat sebagai gubernur selama dua periode di Provinsi Lampung. Seperti penertiban penggunaan atribut para aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahannnya.

“Sejak 15 hari menjabat gubernur langsung menertibkan penggunaan pakaian ASN dan sudah di permendagri,” ujar dia.

Bahkan, sampai saat ini ia mengaku memantau kiprah Sjachroedin yang bertugas sebagai Duta Besar di KBRI Zagreb, Kroasia.

“Saya benar-benar nge-fans sama beliau, pola kepemimpinannya semua saya adopsi, tapi gayanya yang saya tidak sanggup ikuti,” kata dia, sambil bercanda dan disambut tawa undangan yang hadir.

Ia juga menceritakan, bahwa kakaknya merupakan salah satu pejabat di Lampung Selatan yang kemudian ditarik ke Provinsi Lampung pada saat pemerintahan Sjachroedin ZP. Sekarang menjabat sebagai kepala badan di Pemprov Lampung.

Kemudian, tidak hanya di Lampung, saat bertugas di Palembang pun para penjahat segan dengan sosok Sjachroedin yang tegas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Sjachroedin ZP mengaku bahwa dirinya tidak dapat terpisahkan dengan Palembang, karena sudah beberapa kali bertugas di daerah tersebut, diantaranya sesdirlantas, kapoltabes dan wakapolda dan Kapolda Sumsel

“Karir saya naik juga saat bertugas di Palembang, jadi rejeki saya juga di banyak dari sini,” ujarnya.

Saat bertugas di Palembang dirinya menerapkan tindakan tegas untuk para pelaku kriminalitas, dan saya mengimbau untuk orang Lampung yang tinggal di Palembang untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Karena hubungan erat itu lah yang membuat dirinya datang untuk mengundang Sumatera Selatan agar ikut ambil bagian mempromosikan potensi daerahnya ke Kroasia dan sejumlah negara di Eropa Timur.

Ia juga mengaku kagum, karena saat menjadi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Herman Deru dan Cholid Mawardi mendapat 94,56 persen suara masyarakat pada dalam pilkada 2010.

Duta Besar Indonesia untuk Kroasia, Sjachroedin ZP bersilarurahmi dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru di Griya Agung, rumah Dinas Gubernur Sumsel, Selasa (03/12/19).

Kunjungan tersebut juga didampingi oleh Ketua Harian DPP Lampung Sai, Rycko Menoza SZP dan pengurus serta pengurus DPD Lampung Sai Palembang dengan membawa misi promosi pariwisata Sumatera Selatan ke Kroasia.

Dari hasil lawatan selama dua hari tersebut, disimpulkan bahwa Sumatera Selatan akan mengirimkan tim kesenian untuk dipromosilan ke Kroasia termasuk kerjasama perdagangan hasil bumi seperti buah-buahan dan kopi yang merupakan salah satu komoditas terbesar di wilayah tersebut.

Untuk promosi pariwisata, dengan dukungan gubernur tim kesenian dari Sumsel akan berangkat ke Kroasia yang rencananya c pada April 2020 hingga oktober karena saat ini memasuki musim dingin hingga beberapa bulan ke depan.(heri-rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.